Banyak orang menyukai jus buah, menyehatkan dan rasanya yang enak dan sangat menyegarkan. Tapi jika anda sedang menjaga berat badan, atau tidak menyukai gula, mungkin anda harus memilih air putih saja.

Tapi jangan khawatir, para ahli kesehatan mengatakan bahwa minum air putih lebih bermanfaat dibanding minum jus buah. Meski, bagaimanapun jus buah manis juga baik untuk diet seimbang yang mengandung salad dan makanan yang kaya vitamin, mineral, protein dan karbohidrat.

Jika anda yakin telah memenuhi semua asupan nutrisi dari diet harian anda, maka anda bisa mengganti jus buah dan hanya mengandalkan air putih untuk keperluan hidrasi dan detoksifikasi racun dari tubuh anda.

Berikut adalah beberapa kebaikan air putih dibanding jus buah:

1. Kalori

Karena air tidak memiliki kalori, makan anda tidak perlu khawatir akan bertambahnya berat badan ketika anda minum air putih. Sementara, sebagian besar jus buah mengandung banyak kalori. Tapi jus buah akan lebih menyehatkan jika dikonsumsi tanpa gula.

2. Gula

Air putih tidak mengandung tambahan gula tapi jus buah mengandung banyak gula yang dapat menyebabkan lonjakan gula darah. Karena buah-buahan secara alami mengandung gula, maka buatlah jus buah tanpa gula jika anda ingin menikmati segelas jus buah.

3. Hidrasi

Hidrasi dengan air pada tubuh lebih baik daripada hidrasi dengan jus buah. Tetapi terkadang kita merasa malas untuk minum air putih karena rasa dan warnanya yang tawar. Menaruh potongan buah dalam botol minum atau gelas bisa membuat air minum menjadi lebih menarik. Lemon, jeruk nipis, dan strawberi merupakan pilihan yang menyegarkan.

4. Detiksifikasi racun

Jus buah mampu membuang racun pada tubuh yang sudah terakumulasi selama beberapa hari. Sedangkan air mampu mencuci tubuh dengan membuang racun yang telah terakumulasi selama beberapa bulan.

5. Harga terjangkau

Air pasti lebih terjangkau daripada jus apapun. Tapi anda harus memastikan bahwa kebutuhan nutrisi tubuh anda telah terpenuhi dengan cukup melalui makanan lain,  jika anda tidak ingin  mengonsumsi jus buah.

6. Mudah

Meminum jus buah memerlukan waktu dan usaha untuk membuatnya, sedangkan menyiapkan air putih siap minum adalah hal yang mudah, dan banyak orang telah menyediakan air putih siap minum di rumahnya atau ke manapun ia pergi.

7. Membersihkan tubuh

Air murni membersihkan tubuh anda dan membuat anda merasa segar dan stabil. Meskipun jus buah dapat melakukan hal yang sama, tetapi air membersihkan tubuh dengan lebih baik.