Kehamilan adalah fase penting dari kehidupan seorang wanita. Asupan makanan sehat sangat diperlukan selama periode ini. Seorang wanita harus makan makanan sehat dan bergizi untuk memastikan perkembangan janin yang normal. Kubis adalah salah satu makanan yang baik untuk dimasukkan dalam diet. Kubis adalah gudang dari banyak nutrisi penting seperti mangan, folat, kalsium, magnesium, zat besi, fosfor, kalium dan protein.

Ada banyak manfaat kubis bagi kesehatan, begitu juga buat ibu hamil. Kubis membantu dalam proses pencernaan, mencegah diabetes gestational, meningkatkan kesehatan mata dan juga mencegah pembengkakan kaki. Kandungan serat dalam kubis juga dapat mencegah resiko sembelit, yang sangat umum selama kehamilan. Konsumsi kubis juga membantu bayi untuk mendapatkan tulang yang kuat. Dianjurkan untuk makan kubis yang dimasak, kubis mentah mungkin mengandung pestisida yang dapat menyebabkan infeksi pada ibu hamil.

Berikut adalah beberapa manfaat kubis buat kesehatan ibu hamil:

1. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Kubis meningkatkan kesehatan pencernaan Anda. Hal ini juga mencegah kondisi seperti sembelit dan buang air besar tidak teratur. Sembelit adalah umum terjadi selama kehamilan, oleh karena itu konsumsi kubis membantu untuk mengatasi masalah ini.

2. Baik buat DNA janin

Kubis mengandung asam folat. Asam folat atau folat sangat penting bagi DNA janin. Ini membantu dalam membangun DNA pada janin. Dengan demikian, kubis termasuk dalam makanan sehari-hari yang bermanfaat bagi kesehatan DNA.

3. Rendah kalori

Kubis merupakan makanan yang rendah kalori dan dengan demikian kubis baik buat mengurangi berat badan selama kehamilan. Oleh karena itu, disarankan untuk mengkonsumsi sayuran sehat ini selama kehamilan.

4. Mencegah diabetes

Kubis dikenal dapat mencegah diabetes gestational. Kandungan serat yang tinggi dalam kubis dapat menurunkan gula darah dan mengurangi risiko diabetes gestasional pada wanita hamil.

5. Mencegah pembengkakan

Pembengkakan tubuh cukup umum dalam kehamilan. Kompres atau letakkan daun kubis pada bagian tubuh yang bengkak, hal ini dapat membantu untuk meringankan kondisi ini. Tips ini dapat anda gunakan jika ingin mengurangi rasa sakit karena kaki bengkak dan sendi.

6. Kandungan anti kanker

Kubis mengandung anthocyanin. Anthocyanin adalah anti-kanker di alam dan pelawan sel penyebab kanker. Sehingga kubis dapat membantu mencegah kanker bila dikonsumsi secara teratur.

loading...