Manfaat alpukat sudah banyak diketahui dan buah berdaging hijau ini sangat populer dikonsumsi sebagai jus enak dan menyehatkan. Ketika anda membuat sendiri jus alpukat, sudah pasti bijinya dibuang. Tapi mungkin setelah membaca artikel ini, anda akan pertimbangkan untuk tidak membuang begitu saja biji alpukat.

Studi terbaru menunjukkan bahwa biji alpukat mengandung antioksidan, serat dan fenolik, bahkan jauh lebih tinggi dari kandungan pada daging buahnya.

Salah satu cara untuk memanfaatkan biji alpukat adalah dengan membuat bubuk biji alpukat:

  • Buang lapisan halus dari biji alpukat
  • Parut atau giling biji alpukat, bisa menggunakan alat penggiling biji kopi atau blender bertenaga tinggi.
  • Tambahkan parutan biji alpukat ini sebagai hiasan untuk salad anda, sup atau semur. Anda juga dapat menambahkannya ke dalam jus buah anda.


Berikut adalah beberapa manfaat dari biji alpukat, seperti dimuat di Blod Sky:

1. Meningkatkan imunitas

Biji alpukat mengandung antioksidan dalam jumlah tinggi, bahkan lebih tinggi dari yang terkandung dalam daging buahnya. Antioksidan ini membantu menangkal radikal bebas, yang pada gilirannya akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga dapat mencegah anda dari serangan pilek dan flu.

2. Menurunkan tekanan darah

Biji alpukat memiliki kandungan tinggi kalium, yang merupakan vasodilator yang baik yang membantu dalam mengurangi tingkat tekanan darah anda. Di sisi lain, biji alpukat membantu untuk mengendurkan ketegangan pembuluh darah dan arteri, yang selanjutnya membantu dalam mengurangi hipertensi anda.

3. Melawan kanker

Biji alpukat memiliki kandungan flavonol, senyawa flavonoid yang mencakup seperti quercetin, kaempferol dan myricetin. Flavonoid ini mencegah pertumbuhan tumor kanker.

4. Mencegah sembelit

Biji alpukat mengandung banyak serat larut (soluble fiber), bahkan lebih tinggi dari yang terkandung pada seluruh buah. Kombinasi kandungan serat yang baik bersama-sama dengan antioksidan dapat mencegah dan meringankan sembelit secara alami.

5. Membantu menurunkan berat badan

Buah alpukat mengandung serat dalam jumlah yang cukup, hal ini membantu untuk mengurangi nafsu makan setelah anda memakannya. Selain itu, biji alpukat juga mengandung antioksidan, kalium, kalsium dan magnesium yang membantu dalam menyediakan energi untuk tubuh anda.

6. Menurunkan kadar kolesterol

Biji alpukat mengandung sifat seperti lemak monosaturated yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Biji alpukat juga memiliki sifat penurun kolesterol. Kandungan nourishing oil pada biji alpukat, kaya akan antioksidan yang memiliki kemampuan untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi.

7. Mengurangi inflamasi

Salah satu manfaat kesehatan terbaik dari biji alpukat adalah karena kandungan antioksidannya seperti catechins dan procyanidins yang membantu untuk mengurangi rasa sakit dan bengkak karena peradangan. Anda juga dapat melakukan pijat menggunakan minyak dari biji alpukat untuk meredakan bagian yang sakit.

8. Mencegah penuaan dini

Antioksidan kuat yang hadir dalam daging dan biji alpukat dapat membantu dalam melawan radikal bebas, yang menyebabkan kerusakan pada sel-sel kulit yang sehat. Jika anda mengkonsumsi bubuk biji alpukat dua kali dalam seminggu, hal ini bisa mencegah bintik-bintik usia dan garis penuaan juga.

9. Baik buat kulit

Khasiat alpukat buat kulit tidak hanya dengan konsumsi buahnya saja, tapi juga menggunakan bubuk biji pada kulit untuk mengelupaskan atau membuang sel-sel kulit mati dan meningkatkan kualitas kulit. Gunakan biji buah yang sehat sebagai paket perawatan wajah anda.

10. Nutrisi untuk rambut

Biji alpukat dapat digunakan untuk mengurangi produksi rambut abu-abu. Oleskan pasta tebal dari biji alpukat di rambut anda sekali dalam sebulan untuk rambut lebih baik dan bersinar.

loading...