Mata merupakan salah satu indra perasa yang sangat penting. Biasanya penglihatan seseorang bisa mulai memburuk ketika usia mulai menua, meski hal ini tidak berlaku bagi semua orang. Penglihatan yang buruk bisa merupakan faktor bawaan, selain itu juga gaya hidup yang tidak sehat yang dapat menurunkan kemampuan penglihatan.

Beberapa jenis makanan, jika dikonsumsi teratur dan dalam jangka waktu yang tidak singkat, dapat meningkatkan kemampuan penglihatan. Beberapa jenis makanan, mampu melawan racun yang mempercepat terganggunya fungsi mata.

Katarak, myopia, hyperopia adalah gangguan mata yang paling sering terjadi, sedangkan degenerasi makula adalah suatu kondisi di mana kepadatan pigmen retina berkurang sehingga menyebabkan visi terdistorsi.

Beikut adalah sepuluh makanan super yang dapat membantu meningkatkan kesehatan mata anda seperti dimuat di Bold Sky:

1. Wortel

Wortel penuh dengan kandungan vitamin A dalam bentuk beta karoten, antioksidan yang akan membantu anda mengurangi resiko degenerasi makula dan katarak. Vitamin A adalah unsur yang paling penting untuk penglihatan yang baik karena membantu melindungi permukaan mata (kornea). Namun, kemungkinan meningkatkan penglihatan terbatas jika mereka tidak berhubungan dengan vitamin A, tidak peduli berapa banyak wortel yang Anda makan.

2. Bayam dan sayuran berdaun hijau

Bayam mengandung banyak vitamin C, beta karoten dan sejumlah besar Lutein dan Zeaxanthin, antioksidan yang ditemukan dalam jumlah tinggi yang membantu dalam menghasilkan jaringan dari Macula. Lutein dan Zeaxanthin bertindak sebagai tabir surya untuk mata anda menyerap intensitas cahaya biru 40 sampai 90 persen.

3. Salmon,  sarden dan olive oil

Salmon dan sarden adalah sumber yang kaya akan omega 3, yaitu asam lemak mereka memainkan bagian penting dalam produksi normal dan fungsi sel, otot, saraf dan organ. Asam lemak omega-3 menjaga mata aman dari degenerasi makula dan sindrom mata kering.

4. Telur

Kuning telur adalah sumber utama antioksidan, Lutein dan Zeaxanthin. Telur juga merupakan sumber seng yang baik. Semua ini membantu kita untuk mengurangi risiko degenerasi makula.

5. Kacang almond

Almond memiliki cadangan tinggi vitamin E yang membantu dalam menurunkan risiko degenerasi makula. Makan 10 sampai 12 kacang almond cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari Vitamin E anda.

6. Madu

Madu telah digunakan untuk meningkatkan penglihatan sejak zaman kuno. Oleskan tipis-tipis madu di lapisan mata atas dan bawah anda sebelum tidur. Pastikan anda hanya menggunakan madu organik untuk dioleskan di mata anda. Madu juga dapat dikonsumsi dengan jus wortel untuk membuat penglihatan semakin baik.

7. Tomat

Tomat sarat dengan kandungan karotenoid, termasuk Lycopene. Menurut beberapa studi, Lycopene hadir dalam jaringan okular membantu mencegah kerusakan retina dan area lain dari mata. Tomat juga sumber yang sangat baik dari vitamin C.

8. Buah jeruk, berries dan brokoli

Buah-buahan dan sayuran merupakan sumber yang kaya vitamin C dan bioflavonoid, yang membantu dalam mengurangi resiko terjadinya degenerasi makula dan katarak. Vitamin C membantu tubuh untuk membentuk kolagen yang ditemukan di kornea mata.

9. Jagung kuning

Jagung kuning merupakan sumber berlimpah Lutein dan Zeaxanthin - antioksidan yang mengurangi risiko degenerasi makula dan katarak. Jagung kuning juga membantu tubuh untuk menyerap pigmen yang baik buat mata.

10. Kacang Pistachio

Kacang Pistachio mengandung antioksidan lutein dan zeaxanthin, juga memiliki cadangan Vitamin E. Pistachio mengandung mono dan lemak tak jenuh ganda yang membantu dalam penyerapan karotenoid. Biasanya kacang pistacio suka kita dapatkan pada oleh-oleh dari orang yang pergi berhaji.

loading...