Sampah merupakan masalah di kebanyakan tempat karena kita menghasilkan banyak sekali sampah. Dan seperti yang kita lihat di sekeliling, sampah dari plastik, kaca dan logam tidak akan lenyap.

Dahulu, makanan dan barang jualan lainnya dibungkus dengan bahan yang dapat digunakan kembali, seperti daun pisang atau koran bekas. Wadah dan barang berguna lainnya dibuat dari lempung (tanah liat), kayu, dan bahan lain yang berasal dari alam. Setelah dibuang, bungkusan atau wadah tersebut tidak menjadi sampah karena cepat terurai kembali menjadi bagian dari alam.

Saat ini ketika industri menggunakan bahan-bahan seperti plastik, logam-logam dan bahan kimia, kebanyakan barang produksi yang dihasilkan menjadi sampah ketika kita selesai menggunakannya. Semuanya termasuk botol-botol, ember-ember, dan tas-tas, hingga mobil-mobil dan komputer-komputer terbuat dari bahan yang ringan dan kuat tetapi memakan waktu lama sekali untuk terurai. Membungkus barang-barang dalam kemasan kaleng, botol, dan tas plastik membuatnya mudah diangkut dan dijual, tetapi hal itu juga menghasilkan lebih banyak sampah.

Siklus hidup dari sebuah tas plastik

Semua orang dulu membawa barang dengan keranjang dan tas kain, sekarang kita menggunakan tas plastik, menjadikannya sebagai produk plastik yang paling sering digunakan. Setiap tahun jumlah yang dibuat dan dibuang mencapai angka jutaan.

loading...