Sama seperti perubahan yang terjadi saat masa pubertas di mana seorang anak perempuan berubah menjadi perempuan muda, begitu pula dengan perubahan yang terjadi ketika perempuan meninggalkan usia reproduktifnya. Menopause dan proses penuaan menyebabkan berbagai perubahan pada kekuatan tulang, otot, sendi, gerakan sendi, dan keseluruhan kondisi tubuh.

Seorang perempuan dapat membuat suatu perubahan besar dalam hidup di masa tuanya dengan semangat dan status kesehatan yang baik dengan cara:

1. Memakan makanan yang cukup dan bergizi

Perempuan yang beranjak tua tetap membutuhkan makanan bergizi untuk tetap menjaga tubuhnya agar tetap kuat dan mampu melawan penyakit. Kebutuhannya terhadap jenis makanan tertentu bisa meningkat. Karena tubuhnya menghasilkan sedikit estrogen, maka sebaiknya dia memakan makanan yang kaya estrogen, seperti kacang kedelai, tahu halus/tofu, kacang polong, dan jenis kacang-kacangan lain. Karena kekuatan tulangnya menurun akibat proses penuaan, baik juga jika dia memakan makanan tinggi kalsium yang membantu meningkatkan kekuatan tulang.

Terkadang para lansia merasakan kurang begitu suka makan dibandingkan saat usia mudanya. Hal ini disebabkan oleh perubahan yang terjadi pada indera penciuman dan perasanya, yang membuat makan menjadi tidak berselera. Atau juga dari perubahan di dalam tubuhnya akibat penuaan yang membuat seseorang merasakan perutnya mudah penuh setelah mulai makan. Tetapi hal ini tidak berarti bahwa lansia tidak membutuhkan makanan cukup dan bergizi. Mereka justru membutuhkan semangat dan dukungan untuk makan dengan baik dan makan segala jenis makanan.

2. Minum air putih yang banyak

Karena proses penuaan, jumlah cairan di dalam tubuh akan berkurang. Selain itu juga, banyak lansia mengurangi minum cairan untuk mencegah sering kencing di malam hari atau mereka juga takut ngompol. Semua kondisi ini akan menyebabkan dehidrasi. Untuk mencegahnya, minumlah air putih 8 gelas sehari setiap harinya.

Untuk mencegah kencing di malam hari, cobalah untuk tidak minum apapun 2-3 jam sebelum tidur.

3. Lakukan olahraga / aktivitas fisik secara teratur

Aktivitas sehari-hari, seperti berjalan, bermain dengan cucu, pergi ke pasar, memasak, dan bercocok tanam dapat membantu menjaga otot dan tulang perempuan lansia tetap kuat, dan juga mencegah kekakuan otot. Olahraga teratur juga dapat mempertahankan berat badan dan mencegah penyakit jantung.

4. Penanganan lebih awal terhadap suatu penyakit

Beberapa orang menganggap bahwa beranjak tua berarti lebih sering sakit. Anggapan ini tidak benar. Jika perempuan lansia merasakan dirinya kurang baik, dia kemungkinan menderita suatu penyakit yang dapat diobati dan tidak berhubungan dengan usianya. Dia membutuhkan penanganan segera.

Segera pergi ke dokter jika anda merasa sakit dan tidak dapat mengatasi masalah anda sendiri.

5. Tetap aktif

Seorang perempuan akan tetap sehat dan bahagia jika dia tetap aktif dan produktif. Usahakan agar anda terlibat dalam berbagai kegiatan, masuk dalam kelompok-kelompok tertentu, atau bekerja dalam suatu program di masyarakat. Kegiatan ini akan menjadi waktu yang tepat bagi perempuan tersebut untuk berpartisipasi menciptakan masyarakat yang lebih baik.

6. Hubungan seksual

Bagi beberapa perempuan, menopause merupakan suatu kebebasan dari hubungan seksual antara suami istri. Ada juga perempuan lain yang semakin ingin melakukan hubungan seksual karena mereka tidak akan takut mengalami kehamilan yang tidak diinginkan. Pada prinsipnya, setiap perempuan melanjutkan hidupnya untuk mendapatkan kasih sayang dan perhatian.

Tidak ada alasan berdasarkan usia yang mengatakan bahwa seorang perempuan tidak dapat menikmati hubungan seksual.

loading...