Cacing guinea adalah cacing panjang dan tipis yang hidup di bawah kulit dan membuat luka yang menyakitkan di tubuh. Cacing yang semula terlihat seperti benang putih dapat tumbuh memanjang sampai lebih dari 1 meter. Cacing Guinea ditemukan di sebagian Afrika, India, dan Timur Tengah.

Penyakit yang diakibatkan oleh infeksi cacing Guinea disebut Dracunculiasis (Dracunculus medinensis). Penyakit ini sangat khas, ditandai dengan keluarnya cacing dari tubuh si penderita (biasanya tubuh bagian bawah) yang mengakibatkan pembengkakan dan rasa nyeri yang teramat sangat.

Tanda-tanda

Biasanya terjadi pembengkakan di pergelangan kaki yang sangat sakit, tapi dapat pula berkembang di mana saja di seluruh tubuh. Beberapa hari sampai seminggu kemudian terbentuk lecet kulit seperti melepuh yang dalam sekejap pecah dan menjadi luka terbuka. Hal ini sering terjadi ketika sedang berdiri di air atau sedang mandi.

Bagian ujung dari cacing guinea yang berbentuk seperti benang putih dapat terlihat menjulur keluar dari luka. Selama minggu berikutnya cacing tsb berusaha membuat jalan untuk keluar dari tubuh. Jika lukanya kotor dan terinfeksi, atau jika cacingnya putus ketika kita berusaha menariknya keluar, rasa sakit dan bengkaknya bertambah dan membuat penderita sulit berjalan.

Cacing guinea menyebar dari orang ke orang dengan cara berikut:

  • Orang yang terinfeksi dengan lukanya yang terbuka menceburkan diri ke dalam air.
  • Lalat air yang kecil memakan telur-telur cacing.
  • Orang lain meminum air tersebut dan menelan lalat serta telur-telur cacing yang ada di dalam air.
  • Beberapa telur secara lambat berkembang menjadi cacing di bawah kulit. Setelah setahun, sebuah luka terbentuk ketika cacing menembus kulit untuk meletakkan telur-telurnya.


Untuk mengatasi cacing guinea, temui seorang petugas kesehatan. Juga, ambil tindakan untuk mencegah adanya kontak baru dengan cacing.

Untuk mencegah cacing guinea, lindungi sumber-sumber air dan saringlah air. Jika tak ada orang yang menceburkan diri atau mandi di air yang akan digunakan untuk minum, infeksi tidak dapat berpindah dan akhirnya menghilang dari daerah itu.

loading...