Kanker adalah penyakit berat yang dapat menyerang banyak bagian-bagian tubuh. Kanker dimulai dari beberapa sel yang tumbuh sangat cepat dengan cara yang tidak normal dan menyebabkan timbulnya benjolan (tumor). Kadang-kadang, tumor bisa hilang tanpa diobati. Tetapi seringkali tumor membesar dan menyebar hingga menimbulkan masalah di beberapa bagian tubuh. Inilah yang disebut kanker.

Kebanyakan tumor tidak menjadi kanker, tetapi sebagian tumbuh menjadi kanker. Dulu, kanker jarang ditemukan; saat ini sudah sering dan menjadi hal yang biasa.

Apa penyebab kanker?

Salah satu penyebab meningkatnya penyakit kanker di seluruh dunia adalah meningkatnya jumlah polusi industri dan bahan kimia beracun di lingkungan dan tubuh kita. Meningkatnya jumlah penderita kanker di atau dekat daerah berpolusi tinggi seharusnya mendorong pemerintah bertindak cepat untuk menjaga kesehatan masyarakat. Jumlah penderita kanker dapat dikurangi dengan pengaturan jenis dan jumlah bahan kimia yang diijinkan untuk dipakai industri, cara penggunaan dan cara pembuangan yang benar.

Beberapa tipe kanker diketahui disebabkan oleh bahan kimia beracun. Ini termasuk kanker paru-paru, kandung kemih, hati, payudara, otak, darah (leukemia), sumsum tulang belakang, dan limfoma tipe non-Hodgkin.

Orang yang terpapar bahan kimia beracun untuk jangka waktu lama beresiko lebih besar untuk mengidap jenis-jenis kanker ini dibanding mereka yang tidak atau sedikit terpapar. Dengan memahami resikonya, pengobatan dapat diberikan lebih dini.

Mengetahui dan mengobati kanker lebih dini

Dengan mendeteksi kanker lebih awal seringkali dapat menyelamatkan nyawa seseorang karena pengobatan dapat dilakukan sebelum kanker menyebar lebih jauh. Beberapa gejalanya adalah keletihan, berat badan yang turun drastis, adanya benjolan, dan rasa sakit di tubuh. Gejala-gejala ini bisa jadi gejala penyakit lain. Satu-satunya cara untuk mengetahui apakah seseorang mengidap kanker adalah dengan menjalani tes melalui pengambilan beberapa sel dari bagian tubuh yang sakit. Petugas yang terlatih akan mengenali kanker melalui pemeriksaan sel di bawah mikroskop.

Pengobatan kanker secara tradisional dan modern

Kanker dapat menyerang orang dengan berbagai cara, dan tidak ada satu jenis pengobatan yang bermanfaat bagi semua orang. Pengobatan ala Barat, pengobatan ala Cina, pengobatan Ayurvedic ala India, dan semua pengobatan tradisional di seluruh dunia mempunyai caranya sendiri untuk mengembalikan kesehatan penderita kanker. Sayangnya, tidak satu pun pengobatan yang manjur dapat diterapkan setiap saat.

Pengobatan kanker yang terbaik adalah meningkatkan kesehatan umum penderita dan melibatkan penderita dalam proses pengobatannya. Selama berusaha mencari jalan keluar, pergilah berobat ke dokter atau ahli kesehatan lain yang anda kenal dan dipercaya.

Orang yang paling paham mengenai kanker adalah mereka yang sudah berhasil memeranginya. Setiap orang yang sembuh dari kanker mempunyai kisah sendiri mengenai apa yang dapat membantu dan apa yang tidak.

Kadang-kadang kanker memerlukan obat yang sangat keras di mana efek sampingnya sulit ditoleransi. Kanker jarang bisa diobati hanya dengan satu jenis pengobatan saja, baik itu berupa obat, ramuan herbal jamu, diet, atau model terapi lainnya. Cara yang paling baik adalah kombinasi dengan pengobatan fisik, misalnya obat-obat kanker atau akupunktur, dengan anjuran hidup sehat dan dengan makan makanan yang sehat. Dukungan emosi dan spiritual juga penting, yakni melalui kelompok-kelompok pendukung, konseling, dengan berdoa, atau meditasi.

Jika kanker tidak dapat diobati

Beberapa jenis kanker dapat disembuhkan tetapi banyak pula yang tidak dapat disembuhkan, terutama jika kanker telah menyebar ke beberapa bagian tubuh.

Seringkali kanker tidak dapat disembuhkan jika terlambat ditemukan. Dalam hal demikian, yang terbaik adalah tetap di rumah dalam perawatan keluarga. Ini saat yang sangat sulit. Penderita kanker harus makan sebaik mungkin dan banyak beristirahat. Obat-obatan untuk mengatasi rasa sakit, rasa mual, dan sulit tidur dapat membuat penderita merasa lebih nyaman.

Berbicara dengan orang-orang dekatnya dapat membuat penderita lebih siap menghadapi kematian serta merencanakan masa depan keluarga. Sukarelawan yang sering membantu orang tua dan orang sakit seringkali memperoleh bantuan dan dukungan dari hospice, suatu organisasi yang sering membantu orang-orang yang sakit parah

loading...