Menyiapkan makanan untuk keluarga adalah pusat kehidupan di dalam rumah. Tetapi makanan itu sendiri, dan tempat menyiapkannya, dapat membawa bermacam-macam kuman. Memakan makanan atau minuman yang terkontaminasi kuman dapat menyebabkan keracunan makanan, sakit perut, kram, diare, puser bengkak, parasit, demam, hepatitis, tifus, lemah dan kekurangan cairan, konstipasi, dan masalah lainnya.

Berkut adalah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengurangi penyakit dari makanan di rumah anda:

Makanan basi

Buang makanan yang berbau tak enak, atau berjamur, atau teksturnya berubah. Jangan makan makanan dari kaleng yang penyok atau menggelembung sebab makanan di dalamnya sudah basi akibat kuman yang sudah ada di dalam kaleng.

Menyiapkan makanan

Cuci tangan sebelum dan sesudah menyiapkan makanan. Mencuci tangan merupakan kegiatan yang sederhana namun memberikan manfaat. Sebelum Anda menyiapkan makanan, pastikan bahwa tangan Anda dan seluruh peralatan yang akan digunakan sudah bersih.

Bersihkan area memasak Anda, termasuk telenan dan peralatan lainnya sebelum dan sesudah memasak, terutama jika terpapar dengan bahan makanan mentah. Hal ini penting untuk mencegah penyebaran mikroorganisme yang berbahaya.

Alas makanan

Bersihkan piring, panci, dan permukaan di mana makanan disiapkan dengan air panas dan sabun sebelum dan sesudah menyiapkan makanan dan sesudah makan. Untuk membasmi kuman dari kain lap yang digunakan untuk membersihkan meja dapur, cuci kain lap dengan sabun dan gantung di bawah sinar matahari sampai kering, atau setrika.

Buah dan sayuran

Mencuci adalah cara membersihkan buah dan sayur, cucilah atau kupas semua buah dan sayuran sebelum dimakan. Meski nampak bersih, buah dan sayur harus dicuci.

Buah dan sayur tidak hanya dihinggapi debu, namun juga pestisida, lapisan lilin, kotoran, bahkan bakteri. Cucilah sayur dan buah menggunakan air bersih yang mengalir agar kotoran larut dan langsung terbuang.

Memasak

Proses memasak bukan hanya membuat makanan terasa lebih lezat, tapi juga membantu menghilangkan mikroorganisme yang berbahaya, udara panas mematikan kuman-kuman.

Untuk memastikan makanan itu aman, makanan harus betul-betul matang, dan segera makan setelah disiapkan. Daging dimasak sampai tidak ada darahnya atau tidak lagi berwarna merah. Masak telur sampai kuning dan putihnya padat. Ikan dimasak sampai daging ikan mudah di pisahkan dengan garpu.

Pastikan bahwa Anda memasak makanan pada suhu yang tepat. Jangan juga memasak terlalu lama, karena hal ini dapat mengurangi kandungan gizi yang terdapat pada bahan makanan.

Menangani dan menyimpan daging

Mengingat kuman-kuman dari daging mentah, ayam mentah dan makanan laut mentah dengan mudahnya menyebar ke makanan lain maka simpan daging secara terpisah atau bungkus dengan hati-hati sehingga cairannya tidak menetes ke makanan lain. Gunakan talenan dan pisau terpisah ketika menyiapkan daging, dan bersihkan peralatan memasak sampai bersih dengan air panas dan sabun sebelum memotong makanan lainnya. Jangan meletakkan makanan matang di atas piring atau permukaan bekas daging mentah.

Menyimpan makanan laut

Simpan makanan yang tidak habis dalam wadah yang tertutup rapat di tempat yang dingin dan kering, dan segera buang sampahnya.

loading...