Material bangunan, cat, mebel, bahan pembersih, dan barang-barang lain yang digunakan di dalam rumah dapat mengandung bahan kimia berbahaya. Asbes dan cat bertimbal telah dilarang di beberapa negara, tetapi racun yang lainnya tetap umum digunakan.

Asbes adalah suatu bahan yang dulu umum digunakan untuk penyekat / isolasi dan pelindung api pada gedung-gedung, cat, dan pada beberapa peralatan (terutama yang sudah lama) seperti pembakar roti, oven, panci pemanggang, dan lemari es. Asbes dibuat dari serat halus yang dapat beterbangan di udara dan dengan mudah terhirup masuk ke dalam paru-paru, memotong dan merobek jaringan paru-paru, dan beberapa tahun kemudian menyebabkan kerusakan permanen pada paru-paru. Karena asbes sangat berbahaya, banyak pemerintah-pemerintah negara tidak mengijinkan pemanfaatan asbes di bangunan-bangunan atau produk-produk industri baru. Tetapi asbes masih tetap ditemukan pada bangunan-bangunan lama.

Terpapar oleh asbes menimbulkan asbestosis (penyakit yang merobek dan merusak paru-paru), dan kanker paru-paru. Tanda-tanda awal penyakit ini adalah batuk, napas pendek, sakit di dada, kehilangan berat badan, dan keletihan.

Bagaimana orang terpapar asbes?

Ketika asbes menjadi lapuk dan usang, biasanya serat mulai rontok. Jika asbes digunakan ketika rumah dibangun, tapi terbungkus rapat dan sesudahnya tidak disentuh atau dipindahkan, maka tidak berbahaya. Bila bahan-bahan atau peralatan yang mengandung asbes dipindahkan atau dibongkar, serat-serat berbahaya terlepas ke udara. Ini menimbulkan bahaya besar bagi yang menghirupnya. Orang yang menambang asbes juga beresiko tinggi mengidap asbestosis.

Pencegahan

Asbes dapat dilepaskan dari gedung-gedung dan bahan-bahan bangunan, tetapi biayanya mahal. Karena membongkar asbes dapat terpapar sehingga harus dikerjakan oleh orang yang terlatih dan menggunakan alat-alat pelindung.

PENTING: Jangan mencoba membongkar asbes tanpa bantuan tenaga profesional dan alat-alat pelindung yang harus digunakan.

Pengobatan

Sekali asbes terhirup ke dalam paru-paru, tidak dapat dikeluarkan lagi. Butuh waktu bertahun-tahun sampai terlihat tanda-tanda orang mengidap asbestosis atau kanker paru-paru, dan begitu penyakit-penyakit ini terdeteksi, tidak dapat dihentikan lagi. Pengobatan dapat mengurangi rasa sakitnya, tetapi tidak dapat menyembuhkan penyakit.

 

loading...