Cacat lahir disebabkan oleh rusaknya gen seseorang. Mengingat bahwa gen diturunkan dari orangtua kepada anak-anaknya maka kerusakan akibat bahan kimia beracun dapat mempengaruhi bukan saja orang yang terpapar oleh racun tetapi juga anak-anak orang itu dan keturunan dari anak-anaknya.

Tidak semua cacat lahir disebabkan oleh bahan kimia beracun, tetapi cacat lahir umum ditemukan di daerah di mana terdapat industri yang menggunakan atau menghasilkan bahan kimia beracun atau limbah. Cacat lahir ada beberapa tahap, ada yang sangat lunak (seperti tanda lahir) dan ada yang sangat parah (misalnya otak yang tidak berkembang).

Jika anak anda lahir dengan cacat lahir, anda akan merasa kewalahan dan tidak tahu bagaimana merawat anak anda. Anda tidak sendirian!

Kenali emosi Anda

Para orangtua mengalami kaget, menyangkal, berduka, dan bahkan amarah. Biarkan diri Anda berduka atas hilangnya anak sehat yang didambakan. Utarakan perasaan Anda pada orang yang dapat mengerti dan dapat menukung Anda.

Mencari dukungan masyarakat

Tanyakan pada petugas kesehatan atau pekerja sosial apakah mereka mengetahui orangtua yang mempunyai anak dengan kondisi yang sama. Bergabunglah atau bentuklah sebuah kelompok dengan para orangtua lainnya. Anda dan anak Anda akan mendapatkan komunitas yang besar dan saling memperhatikan.

Nikmati kehadiran anak Anda

Ingatlah untuk menikmati kehadiran anak Anda seperti yang dilakukan para orangtua lainnya – dengan cara menyayangi, bermain, dan mengamati pertumbuhan dan perkembangan anak dengan cara mereka sendiri. Bagilah kesenangan ini dengan keluarga dan teman-teman.

Anak adalah anugerah, yakinlah bahwa Tuhan selalu memberikan yang terbaik buat kita agar kita selalu bersyukur, di balik semua itu semua ada berkahNya.


Belajar bersama anak

Mencari informasi mengenai cacat lahir dapat menambah pengetahuan dan menyaksikan perubahan yang dialami selama mereka tumbuh.

Latihan fisik dapat membantu

Beberapa kelumpuhan / ketidakmampuan dapat diperbaiki dengan menggunakan metode latihan fisik dan metode lainnya.

loading...