Mungkin selama ini kita hanya tahu bahwa manfaat dari pasta gigi / odol adalah untuk membersihkan gigi saja. Akan tetapi ternyata, pasta gigi juga memiliki segudang manfaat lainnya, bukan hanya seputar bersih-bersih bahkan meredakan rasa gatal akibat gigitan serangga.

Berikut adalah berbagai manfaat lain pasta gigi yang mungkin bisa dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari:

1. Mengobati jerawat

Pasta gigi dapat digunakan untuk mengobati jerawat yang baru muncul atau yang sudah lama bersarang, ini akan mengeringkan jerawat sekaligus menghilangkan bekasnya. Caranya adalah oleskan sedikit pasta gigi hanya di tempat yang berjerawat, diamkan semalam dan usahakan tertidur dengan wajah tidak mengusap bantal, guling atau selimut dan bilas wajah keesokan harinya. Radang tidak akan terlihat dan jerawat menjadi kempes. Perhatikan, jangan sampai anda terlalu banyak mengoles, karena pasta gigi dapat membuat kulit menjadi kering.

2. Mengurangi keriput

Pasta gigi bisa membantu mengurangi keriput di wajah seperti di sekitar mata, bibir, atau jidat, juga di sekitar leher. Terapkan tipis pasta gigi di daerah yang berkeriput, biarkan semalam, lalu bilas pagi harinya.

3. Menghilangkan noda di wajah dan tubuh

Bekas luka, bekas jerawat, bekas cipratan minyak panas, serta berbagai noda di kulit lainnya, bisa hilang dengan campuran pasta gigi dan susu. Oleskan saja di tempat bermasalah, dan lihat hasilnya.

4. Mengatasi noda dan komedo hitam

Komedo atau noda hitam yang menempel di wajah bisa hilang dengan maskeran menggunakan campuran pasta gigi, tomat serta kenari dengan perbandingan sama yang telah dihaluskan. Diamkan 15 menit setelah digunakan, lalu bilas dengan air hangat, dan bilas lagi dengan air dingin.

5. Berfungsi sebagai hand sanitizer

Untuk anda yang hobi dengan makanan yang bersambal dan makan tidak menggunakan sendok pastinya setelah makan, sisa bau bawang dan bumbu lainya pada tangan sulit dihilangkan. Dengan pasta gigi bau tidak sedap di tangan akan hilang dengan sekejap.

6. Menyingkirkan permen karet yang menempel pada rambut

Singkirkan permen karet yang menempel di rambut dengan pasta gigi, caranya dengan mengoleskan pasta gigi pada sikat lalu gunakan untuk menyikat rambut yang terkena permen karet tadi.

7. Menghilangkan noda di karpet

Jika karpet di rumah Anda terkena noda seperti terkena cat misalnya, atau tumpahan kopi atau bahan-bahan lainnya, Anda dapat mencoba pasta gigi untuk menyingkirkan noda pada karpet tsb caranya cukup mudah dikerjakan yakni hanya dengan menggosokan sedikit pasta gigi pada bagian yang terkena noda, lalu sikat hingga noda yang melekat menghilang dan bilas berulang kali sampai bersih.

8. Menghilangkan noda pada pakaian

Apabila detergen tidak mampu mebersihkan  noda di pakaian, alangkah baiknya jika mencoba menggunakan pasta gigi untuk membersihkanya. Caranya pun sama seperti menghilangkan noda menggunakan  detergen.

9. Menghilangkan goresan pada layar ponsel

Untuk menghapus goresan pada layar handphone dan kristal caranya ambil sedikit odol lalu gosoklah dengan menggunakan kain lembut pada bagian layar ponsel atau kristal yang terkena goresan, selajutnya bersihkan dengan mengunakan kain lembut dan lihat hasilnya apakah terjadi perubahan atau tidak, lakukan hal ini selama beberapa kali untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.

10. Memperbaiki CD yang rusak

Ternyata pasta gigi dapat memperbaiki CD yang rusak yang disebkan oleh goresan. Mau tau caranya gimana?, mudah kok tinggal oleskan pasta gigi ke permukaan CD yang tergores sampai merata, selanjutnya bersihkan atau usap pasta gigi yang ada di CD dengan kain halus, dan apa yang terjadi CD kamu kini sudah bisa berfungsi dengan normal.

11. Memoles kuningan dan perak

Jika anda memilki perabot yang terbuat dari perak dan kuningan dan tampak memudar karena sudah termakan usia, cara membersihkanya cukup dengan menempatkan pasta gigi pada sikat, dan gosokkan ke pernak-pernik yang terbuat dari perak dan kuningan, dan bilas dengan air selanjutnya usap dengan menggunakan kain lembut dan lihat hasilnya maka pernak-pernik anda akan tampak baru lagi.

12. Menghilangkan noda cat

Apabila tembok / dinding rumah anda terkena cat/noda krayon apakah karena kena tumpahan atau ulah dari anak-anak di rumah, anda tak perlu repot untuk melakukan pengecatan ulang, cara menghilangkan noda catnya cukup mudah yakni dengan menggosokkan bagian yang terkena cat dengan pasta gigi dan lap secara perlahan dengan menggunakan kain yang basah. dan lihat hasilnya maka tembok anda akan tampak bersih seperti sedia kala.

13. Mengkilapkan lantai

Jika lantai rumah anda nampak tak mengkilap anda dapat membuatnya menjadi seperti baru kembali caranya cukup dengan menggosokkan bagian hitam pada lantai dengan menggunakan pasta gigi dan membersihkanya dengan menggunakan kain bersih maka nodanya akan hilang, silahkan dibuktikan sendiri.

14. Membersihkan lampu kendaraan

Jika pada lampu mobil atau motor anda terdapat goresan dan membuatnya terlihat agak berkabut, cukup dengan mengoleskan odol secara merata ke lampu mobil/motor anda dan gosok secara perlahan dengan menggunakan tangan setelah itu usap dengan kain halus maka lampu kendaraan anda akan kembali mengkilap.

15. Menghilangkan noda pada sepatu putih

Bagi anda yang senang mengoleksi sepatu olahraga / sepatu santai yang berwarna putih, untuk membuat sepatu tersebut putih kembali, caranya cukup mudah yaitu dengan mengoleskan odol / pasta gigi di atas sepatu yang kotor, selanjutnya bersihkan sampai bersih. Maka warna putihnya akan tampak cemerlang kembali.

16. Mengkilapkan wastafel

Jika wastafel anda tak mengkilap lagi dan anda berkeinginan mengkilapnya kembali caranya hanya dengan mengosokkan odol atau pada gigi pada area wastafel maka akan tampak berkilau kembali seperti baru.

17. Menghapus noda di kulit

Caranya poleskan sedikit pasta gigi pada bagian noda di kulit anda, tunggulah sampai mengering, selanjutnya bilas dengan menggunakan air hangat. Maka hal ini dapat mengeluarkan racun yang terdapat pada kulit sehingga menjadikan kulit menjadi anda menjadi bersih. Alangkah baiknya jika setelah itu anda dapat mengoleskan body lotion untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.

18. Mengkilapkan berlian dan batu permata

Bagi anda yang senang mengoleksi berlian dan permata anda dapat membuat berlian dan permata anda berkilau kembali caranya sikat berlian dengan menggunakan pasta gigi, akan tetapi kiranya janganlah terlalu keras dalam mengosoknya guna menghindari goresan halus pada berlian sebaiknya sebelum membersihkanya buka atau longgarkan dulu permata dari tempatnya.

19. Menutup bekas lubang paku pada tembok

Cara ini tergolong cara yang murah dan mudah dikerjakan, untuk menutupi lubang-lubang kecil bekas paku pada dinding rumah anda. Cukup dengan masukkan pasta gigi ke dalam lubang sampai tertutup rata, tunggulah sampai benar-benar kering, setelah itu silahkan cat agar tampak mulus kembali seperti sedia kala.

20. Meredakan rasa gatal akibat serangga

Apabila anda digigit oleh serangga anda dapat menghilangkan rasa gatal akibat gigitan serangga cukup dengan mengoleskan sedikit pasta gigi pada bagian kulit yang terkena gigitan serangga seperti semut atau nyamuk, maka rasa gatalnya secara berangsur-angsur akan menghilang.

21. Membersihkan kuku yang kotor

Pasta gigi ternyata bisa menjadi media perawatan buat kuku anda. Cobalah untuk menyikat kuku dengan pasta gigi dan kuku akan terlihat menjadi bersih dan putih.

Ternyata banyak juga yah, manfaat pasta gigi selain untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut. Juga, hal ini merupakan cara murah dan mudah yang bisa anda coba sendiri di rumah. Semoga berhasil.

#bbg sumber

loading...