Pekerjaan yang berat sangat mudah membuat orang merasa kelelahan. Namun, kelelahan bisa menyerang siapa saja meski tanpa melakukan pekerjaan berat. Berikut ini mungkin beberapa penyebabnya.

Akibat dari kesibukan yang super tinggi, banyak membuat seseorang mengesampingkan kesehatan tubuhnya. Hingga tubuhnya mengalami kelelahan yang berakibat pada penurunan produktivitas karena dampak dari gaya hidup. Berikut beberapa hal yang mungkin belum Anda ketahui mengapa rasa lelah kerap menimpa seseorang.

Penyebab Anda Sering Merasa Lelah

Banyak orang yang merasa dirinya mudah lelah setelah menyelesaikan aktivitasnya sehari-hari. Berikut beberapa penyebab Anda merasa mudah lelah:

1. Kekurangan air minum

Dehidrasi menjadi penyebab tubuh Anda kekurangan energi. Kekurangan air menyebabkan penurunan volume darah. Ini bisa menyebabkan jantung memompa kurang efisien. Dengan sedikit atau kekurangan air minum dapat menyebabkan sering merasa lelah.

2. Kekurangan zat besi

Kekurangan zat besi juga bisa menyebabkan Anda sering merasa lelah dan lemah. Pastikan bahwa Anda mengonsumsi cukup zat besi melalui makanan seperti telur, kacang merah, sayuran hijau, daging tanpa lemak, dan kacang-kacangan.

3. Melewatkan olahraga

Banyak yang memilih untuk tidak olahraga atau latihan karena sudah lelah sehabis bekerja. Padahal, kekurangan olahraga justru membuat Anda mudah lelah. Cobalah berolahraga tiga kali seminggu dengan waktu 20 menit

4. Melewatkan sarapan

Melewatkan sarapan dapat menyebabkan tubuh merasa lemah dan lesu yang tentunya dapat mengganggu aktivitas Anda. Selain itu, melewatkan sarapan bisa membuat Anda lebih gemuk lho.

5. Terlalu banyak junk food

Junk food biasanya identik dengan gula dan karbohidrat yang tinggi indeks glikemiknya (IG). Jika terus-terusan mengonsumsi junk food bisa menyebabkan kadar gula darah yang melonjak yang gilirannya bisa menyebabkan kelelahan.

Nutrisi untuk Meningkatkan Energi

Dalam beberapa kasus masih terjadi bahwa seseorang yang telah mengubah pola makan lebih sehat ternyata masih mudah mengalami kelelahan. Tidak perlu khawatir dengan hal ini karena konsumsi beberapa makanan berikut akan membantu melawan kelelahan dan membuat Anda lebih berenergi.

1. Vitamin B

Baik vitamin B1, B2, B3, dan B-12 akan membantu siklus produksi energi ATP atau adenosin tri-fosfat. Ini merupakan gudang penghasil energi dalam mitokondria pada sel tubuh. Sumber vitamin B antara lain gandum, nasi, ikan, susu, sayuran, atau buah-buahan.

2. Asam Alpha Lipoat (ALA)

Merupakan antioksidan kuat untuk membantu membakar glukosa dan meningkatkan produksi energi secara efisien. Sumber ALA antara lain sayuran hijau seperti bayam, brokoli, atau sawi, daging, dan ragi.

3. L-Carnitine

Merupakan asam amino yang berguna untuk membantu mengirim lemak dalam sel kemudian dibakar menjadi energi. Selain itu, L-Carnitine juga membantu membakar lemak sehingga efektif untuk menurunkan berat badan. Sumber L-Carnitine adalah daging merah.

4. Magnesium

Magnesium merupakan salah satu nutrisi yang penting dikonsumsi agar tubuh Anda tetap berenergi dan membantu tubuh mengatur metabolisme gula. Sumber magnesium antara lain bayam, susu, kacang, dan mentega.

Setelah pola makan yang tepat, rutin berolahraga adalah salah satu cara yang tepat untuk mengatasi kelelahan Anda. Semoga bermanfaat.

#sportindo

loading...