Air kelapa muda sangat menyegarkan, apalagi ditambahkan es dan susu, diminum siang hari, hmmm.... Selain itu, air kelapa juga dikenal banyak memberikan manfaat bagi kesehatan, antara lain mencegah penuaan dini, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, melarutkan batu ginjal, dan lain-lain.

Air kelapa juga memiliki kandungan antioksidan yang cukup baik untuk membantu menghilangkan radikal bebas. Efek racun penggunaan antibiotik dan obat sulfa juga bisa di atasi dengan konsumsi buah ini. Pada saat mengkonsumsi obat, air kelapa juga baik karena akan membantu mempermudah penyerapan.

Namun sedikit yang menyadari bahwa minum air kelapa juga memilliki dampak merugikan jika dikonsumsi secara berlebihan.

Berikut ini adalah beberapa efek samping dari menyeruput air kelapa yang harus Anda tahu!

1. Meningkatkan jumlah kalori

Hal ini tentu menjadi musuh bagi Anda yang sedang menjalani diet. Mengonsumsi air kelapa secara berlebihan dapat meningkatkan jumlah kalori Anda, meski tak mengandung banyak gula.

2. Meningkatkan kadar gula darah

Meski kandungan gula dalam air kelapa sangat rendah namun air kelapa mengandung karbohidrat dan kalori dalam jumlah yang tinggi. Disarankan bagi mereka yang memiliki penyakit diabetes untuk membatasi konsumsi air kelapa.

3. Meningkatkan tekanan darah

Air kelapa mengandung tinggi natrium. Oleh karena itu mengonsumsinya secara berlebihan bisa berisiko memicu peningkatan tekanan darah. Orang yang menderita tekanan darah tinggi disarankan tidak mengonsumsi air kelapa berlebihan.

4. Jangan meminum air kelapa saat anda berada dalam perjalanan ke suatu tempat. Salah satu efek samping air kelapa adalah dapat menimbulkan kejang otot dan rasa lelah akibat kadar kalsium dalam kandungan air kelapa.

5. Bisa bahayakan jantung

Air kelapa memang bermanfaat bagi penderita penyakit batu ginjal, namun berbahaya bagi orang yang fungsi ginjalnya telah mengalami penurunan.  Maka harus dilakukan pemeriksaan secara menyeluruh pada penderita batu ginjal tersebut. Karena kalium dan zat elektrolit lainnya dalam air kelapa dapat menyebabkan hiperkalemi. Efek samping air kelapa pada penderita fungsi ginjal yang turun adalah dapat membahayakan jantung. Semoga membantu.

#bbg sumber: tribunnews, zeenews

loading...