Brokoli (Brassica oleracea), kita pasti sudah sering mendengar berbagai khasiat brokoli bagi kesehatan, misalnya sebagai anti oksidan, anti inflamasi, menurunkan kolesterol, mencegah kanker, merawat jantung dan segudang khasiat lainnya, tak heran kalau brokoli ini sering disebut sebagai superfood.

Istilah super food ini merujuk pada makanan yang mengandung banyak nutrisi sehingga bermanfaat untuk kesehatan. Ya, manfaat brokoli untuk kesehatan memang sangat banyak dan sudah diketahui masyarakat umum. Karena itu, sayuran yang bentuknya mirip kembang kol ini dikenal sebagai super food.

Biasanya, brokoli dikonsumsi dengan cara dimasak sebagai tumis. Namun, untuk mendapatkan khasiat yang lebih sehat orang-orang memasaknya hanya dengan dikukus saja dan dijadikan sebagai lalapan. Bahkan, sekarang ini cukup populer jus brokoli.

Beberapa penelitian menemukan brokoli mengandung senyawa anti kanker dan dapat mencegah asma serta gangguan pernapasan lainnya. Zat gizi yang terkandung dalam brokoli diantaranya serat, antioksidan, vitamin A, B, C, K, dan mineral yang dibutuhkan tubuh.

Berikut adalah berbagai khasiat brokoli bagi kesehatan tubuh:

1. Membantu program diet menurunkan berat badan

Sayuran yang kaya akan serat seperti brokoli sangat mendukung program diet penurunan berat badan anda. Kandungan seratnya yang tinggi dapat membuat perut kenyang lebih lama. Sayuran berwarna hijau ini juga mengandung vitamin serta mineral, dan rendah kalori juga lemak.

2. Mencegah penyakit jantung

Penyakit jantung merupakan momok menakutkan bagi manusia yang hidup di zaman moderen. Namun, penelitian dari Institute for Food Research di Norwich, Inggris berhasil menyilangkan brokoli yang mengandung glucoraphanin hingga 2 sampai 3 kali jumlah normal. Dan itu merupakan senyawa yang diyakini dapat membantu mencegah penyakit jantung.

3. Menjaga ketajaman penglihatan

Kandungan lutein dan vitamin A yang ada dalam brokoli membuat sayuran ini memiliki kemampuan untuk menjaga kesehatan mata. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kadar lutein yang tinggi dapat mencegah penurunan fungsi mata seperti katarak dan makula. Sementara vitamin A sangat penting untuk menjaga kesehatan retina.

4. Menjaga kesehatan kulit

Memiliki kulit cantik, sehat dan terbebas dari segala permasalahannya adalah impian semua orang. Bukan cuma wanita. Dalam brokoli terdapat senyawa glucoraphanin, yang dapat membantu memperbaiki kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari atau proses penuaan. Selain itu, dapat membantu untuk memperbaiki jaringan kulit yang rusak dan membuat kulit yang sehat dan bercahaya. Secara umum, mengkonsumsi brokoli baik untuk proses doteksifikasi kulit. Vitamin C, beta-karoten dan vitamin B kompleks hadir di sayuran ini. Vitamin E di dalamnya sangat bagus untuk mempercepat proses regenerasi sel-sel kulit mati.

5. Menjaga kesehatan pencernaan

Kandungan serat yang tinggi dalam brokoli mampu menjaga pencernaan agar berfungsi dengan baik, mencegah penyakit seperti sembelit atau konstipasi. Dan antioksidannya merupakan detoks alami yang membersihkan saluran pencernaan seperti lambung dan usus dari racun.

6. Mencegah penyakit kardiovaskular

Brokoli mengandung vitamin B6 dan Asam folat yang terbukti dapat mencegah penyakit kardiovaskular seperti jantung dan stroke. Jadi jangan ragu untuk mengkonsumsi sayuran yang satu ini. Tentunya harus diimbangi dengan gaya hidup sehat dan berolahraga secara teratur.

7. Mengontrol tekanan darah

Dengan kandungan kalium dan magnesiumnya yang tinggi, brokoli menjadi salah satu sayuran yang dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita tekanan darah tinggi.

8. Menjaga kesehatan tulang dan gigi

Kalsium merupakan mineral yang sangat penting bagi kesehatan tulang dan gigi. Nah, brokoli ini merupakan sayuran yang mengandung kalsium tinggi. Selain kalsium masih ada vitamin K yang dapat mencegah osteoporosis.

9. Mencegah depresi

Seseorang yang kekurangan asam folat di dalam tubuhnya cenderung mengalami suasana hati yang tidak stabil. Mudah mengalami depresi, kelelahan, daya ingat yang buruk, bahkan lebih serius seperti skizofrenia. Brokoli memiliki kandungan asam folat dan vitamin B cukup tinggi sehingga bisa memperbaiki suasana hati dan mencegah depresi.

10. Mencegah kanker

Para ilmuan menyatakan bahwa brokoli memiliki sifat antikanker yang dapat mencegah perkembangan sel kanker seperti kanker payudara, kandung kemih, usus besar, dan kanker ovarium. Hal ini berkat kandungan fitokimia yang bernama indole dan isothiocyanate. Inilah yang disebut-sebut sebagai manfaat brokoli yang paling besar.

11. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Brooli merupakan sayuran dengan kandungan vitamin C dan antioksidan yang tinggi. Dimana keduanya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dalam melawan infeksi, bakteri dan virus. Brokoli juga mengandung fitonutrien dan fitokimia, termasuk sulforaphane, yang membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh serta memperkuat ketahanan fisik terhadap flu.

12. Menjaga kesehatan sistem saraf pusat

Tingginya kandungan kalium dan magnesium dalam brokoli membuatnya menjadi sayuran yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan sistem saraf pusat. Selain menjaga fungsi otak agar tetap optimal, super food ini juga baik untuk membangun otot.

13. Meningkatkan kecerdasan

Selain vitamin C dan vitamin K, brokoli juga mengandung asam lemak omega-3 yang sangat baik untuk perkembangan otak. Ketiganya adalah motor yang membangun kesehatan mental serta menngkatkan memori otak.

14. Menjaga kadar gula darah

Jika anda adalah orang dengan kadar gula darah tinggi, maka brokoli adalah sayuran yang wajib dikonsumsi. Karena brokoli mampu mengatur kadar gula darah tetap rendah.

15. Menurunkan kolesterol

Seperti sayuran lainnya, brokoli juga dibekali kemampuan dalam menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah dan lemak dalam tubuh. Itulah kenapa sayuran ini sangat baik dikonsumsi oleh Anda yang sedang dalam program diet.

16. Mencegah penyakit alzheimer

Sudah disinggung pada beberapa point diatas, bahwa brokoli mampu mencegah penyakit kardiovaskular serta menjaga saraf dan meningkat fungsi otak. Oleh karena itu, brokoli merupakan makanan yang dapat mencegah penyakit alzheimer (pikun).

17. Mengobati penyakit asma

Brokoli mengandung banyak vitamin A, vitamin C, vitamin B6 dan mineral seperti zat besi, kalsium juga serat makanan. Super food ini juga diyakini memiliki sifat anti-karsinogenik. Mengkonsumsi brokoli kukus setiap hari dapat mengobati penyakit asma.

18. Antioksidan

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa brokoli merupakan sayuran dengan kandungan antioksidan yang tinggi. Dengan tingginya kandungan vitamin C menjadikannya sebagai antioksidan kuat yang menagkal radikal bebas. Brokoli juga memiliki kandungan flavonoid, karotenoid lutein, beta-karoten dan zeaxanthin yang tinggi, dan semua itu merupakan zat antioksidan yang akan mentralisir efek buruk radikal bebas dalam tubuh.

19. Anti-inflamasi

Brokoli juga terkenal karena sifat anti-inflamasi dan anti-alergi. Hal ini berkat kandungan asam lemak omega-3 dan senyawa kaempferol yang kuat.

20. Manfaat brokoli untuk ibu hamil dan bayi

Konsumsi brokoli sangat dianjurkan bagi ibu hamil. Dengan mengkonsumsi brokoli secara teratur ibu hamil dapat terhindar dari penyakit anemia yang kerapkali mengintai ibu hamil. Selain itu, kandungan asam lemak omega-3 dalam brokoli sangat baik untuk perkembangan otak bayi dalam kandungan (janin).

Cara memasak brokoli yang paling baik adalah dikukus. Tidak dianjurkan menggorengnya. Jikapun harus ditumis, jangan terlalu lama. Cukup lima menit saja, karena proses pemanasan terlalu lama akan mengurangi setengah nutrisi yang terkandung di dalamnya. Sayang, bukan?

Itulah beberapa manfaat brokoli, superfood yang sangat baik untuk kesehatan. Selamat menambahkan brokoli pada menu masakan Anda.

#internet