Apakah Anda pernah merasa nyeri setelah memulai aktivitas baru atau berusaha latihan lebih intens daripada biasanya? Nah, berikut ini informasi mengenai nyeri otot pasca latihan dan bagaimana cara meredakannya. Nyeri otot biasanya muncul satu atau dua hari setelah latihan dan ini bisa dialami siapa saja tak lepas dari level fitnes seseorang. Tapi jangan khawatir, nyeri otot tersebut merupakan hal yang normal dan tidak berlangsung lama. Yuk, kurangi nyeri otot pasca latihan dengan beberapa jenis minuman berikut ini:

Teh

Para peneliti dari University College di London menemukan pria yang meminum empat cangkir teh kemudian melakukan latihan yang berat memiliki tingkat kortisol 25% lebih rendah setelah latihan daripada mereka yang tidak mengonsumsi teh. Kadar kortisol yang tinggi dapat memicu timbulnya rasa sakit atau nyeri pada tubuh.

Kopi

Para ilmuwan dari University of Illinois menemukan bahwa mengonsumsi secangkir kopi sebelum latihan dapat membantu mengurangkan nyeri otot setelah latihan. Bahkan, kafein dalam kopi disinyalir membantu mendorong tubuh sedikit lebih keras selama latihan berat, sehingga tubuh berkembang lebih baik dalam hal kekuatan otot dan daya tahan.

Studi terbaru yang diterbitkan dalam Journal of Applied Physiology menyebutkan bahwa sedikit kafein pasca latihan juga bermanfaat bagi atlet yang latihan intens.

Dibandingkan mengonsumsi karbohidrat saja, atlet yang mengonsumsi karbohidrat dan kafein setelah latihan mengalami peningkatan glikogen otot sebanyak 66 persen. Glikogen merupakan bentuk karbohidrat yang akan disimpan di otot, berfungsi sebagai energi cadangan selama latihan.

Jahe

Peneliti dari University of Georgia dan State University melakukan penelitian terhadap 74 orang dan membaginya dalam 3 kelompok. Kelompok pertama diberi jahe mentah, kelompok kedua diberi jahe panas, dan kelompok ketiga diberi plasebo (obat-obatan semu). Mereka diberi 2 gr jahe bubuk setelah latihan angkat beban. Hasilnya, mereka yang mengonsumsi jahe, baik jahe mentah atau jahe panas, mengalami penurunan nyeri otot sebanyak 25% daripada yang tidak minum jahe setelah latihan.

Penelitian menunjukkan bahwa jahe dapat digunakan sebagai anti peradangan, dengan cara memblokir enzim seperti cara yang dilakukan aspirin, ibuprofen, dan naproxen. Untuk meredakan nyeri setelah berlatih, dianjurkan untuk mengonsumsi 2 sendok teh jahe setiap hari. Selain untuk meredakan nyeri otot setelah berlatih, mengonsumsi jahe setiap hari juga berperan besar dalam mencegah nyeri otot datang saat Anda berlatih di hari selanjutnya.

Jus Semangka

Kandungan asam amino L-citrulline yang ditemukan dalam buah semangka, mampu mempercepat waktu pemulihan para atlet dan dapat juga meningkatkan kinerja para atlet. Dalam sebuah berita yang diterbitkan oleh Journal of Agricultural and Food Chemistry, para peneliti menjelaskan bahwa semangka memiliki sifat antioksidan dan potensi untuk meningkatkan protein otot, dan ini adalah yang pertama kalinya para peneliti menganalisa efektivitas jus semangka yang diperkaya dengan L-citrulline.

#sportindo

loading...