Memiliki badan langsing merupakan impian bagi sebagian besar dari kita, terutama kaum wanita. Tetapi kadang kita tidak menyadari bahwa kebiasaan makan minum kita dapat menyebabkan berat badan bertambah. Dalam sebuah studi para peneliti Australia telah diketahui minum lebih dari lima cangkir sehari dapat menyebabkan kenaikan berat badan.

Untuk yang sedang menjalani program diet sebaiknya menghindari mengonsumsi kopi. Minuman ini memang kerap dijadikan pilihan saat bersantai. namun berdampak buruk untuk berat badan.

Dalam sebuah studi para peneliti Australia telah diketahui bahwa minum lebih dari lima atau enam cangkir sehari dapat menyebabkan kenaikan berat badan dan meningkatkan risiko sindrom metabolik, dilansir Nydailynews, Kamis 21 Mei 2015.

Sindrom metabolik merupakam faktor resiko dari bertambahnya ukuran pinggang, tekanan darah tinggi, dan kadar trigliserida tinggi, yang dapat meningkatkan seseorang terkena penyakit kronis, seperti diabetes dan stroke. Kandungan polifenol dan asam klorogenat (CGA) pada kopi menghambat hilangnya lemak dan meningkatkan resistensi insulin.

"Kami mempelajari efek polifenol atau CGA yang sangat banyak ditemukan pada kopi. Tetapi CGA juga ditemukan dalam teh dan beberapa buah-buahan seperti plum," kata penulis studi Profesor Kevin Croft, dari University of Western Australia.

Para peneliti menggunakan tikus sebagai bahan penelitian. Tikus gemuk yang diberikan asupan setara dengan lima atau enam cangkir kopi perhari menunjukan adanya resistensi (penyimpanan) lemak dalam sel tubuh. Selain itu menunjukan glukosa yang berlebih dan peningkatan resistensi terhadap regulasi insulin.

Efek kopi memang tergantung dengan dosis saat mengonsumsinya. Satu atau dua cangkir mungkin masih tidak masalah, "Asupan moderat kopi, hingga tiga sampai empat cangkir sehari tampaknya masih untuk mengurangi risiko pengembangan penyakit seperti penyakit jantung dan diabetes tipe 2. Namun jika berlebih juga dapat berakibat tidak baik," kata asisten profesor Vance Matius. 

Bagi Wanita, Terlalu Banyak Minum Kopi Juga Banyak Efek Samping Negatifnya

Penting untuk diketahui bahwa kandungan kafein yang terlalu banyak Anda konsumsi bisa sangat buruk bagi kesehatan Anda. Hal ini dijelaskan oleh Dr. Bryce Wylde, direktur P3 Health dan rekan dari Dr. Oz, seperti dikutip dari Yahoo Shine berikut.

Menurut studi, konsumsi kafein yang terlalu banyak dapat memberi efek samping yang berbahaya bagi kesehatan wanita. Ingat, minum 2-3 cangkir kopi dalam sehari bisa dikatakan banyak.

Menyebabkan depresi

Dilaporkan bahwa kandungan kafein yang terlalu tinggi menyebabkan depresi dan menurunkan mood wanita. Peningkatan kafein ini mempengaruhi produksi dopamine , namun menciptakan sebuah ketergantungan yang sangat tinggi. Selama Anda belum minum kopi, dopamine akan menurun sehingga Anda merasa tertekan, sedih, serta depresi.

Gastritis

Gastritis adalah kondisi di mana ada peradangan di dalam perut. Penyebabnya beragam, namun kondisinya diperparah dengan asupan kafein yang bisa diperoleh dari kopi hitam, green tea, soft drinks, cokelat atau makanan yang meningkatkan asam di dalam lambung.

Tidak subur

Konsumsi kafein berlebihan dapat mempengaruhi kondisi alat reproduksi wanita, yang menyebabkan penyakit pada tuba falopi dan endometriosis. Penyakit tersebut kemudian memicu ketidaksuburan pada wanita sehingga wanita jadi susah hamil.

Dokter sendiri menyarankan apabila ingin hamil, sebaiknya wanita menghindari asupan kafein.

Osteoporosis

Sebagian besar manusia yang menderita osteoporosis adalah wanita, dan umumnya area yang terganggu adalah tulang punggung, pergelangan tangan dan kaki, serta pinggang. Peningkatan asupan kafein dapat menyebabkan kehilangan kalsium di dalam tubuh dan mempengaruhi massa tulang.

PMS

PMS begitu mengganggu dan menyebabkan mood naik turun tidak karuan? Hindari segala macam minuman yang mengandung kafein, khususnya kopi. Lebih baik perbanyak asupan air putih untuk membuat sistem metabolisme tubuh tetap berjalan baik.

Kafein sendiri juga menyebabkan dehidrasi sehingga Anda akan merasa resah, mudah terpancing emosi dan tidak nyaman menjelang datangnya menstruasi.

Dosis asupan kafein yang dianjurkan adalah 200-300 mg per hari, yang setidaknya cukup dipenuhi dengan secangkir kopi atau minuman berkafein lainnya. Apabila Anda ingin tetap sehat, hindari asupan terlalu banyak kafein ya.

#dari bbg sumber

loading...