Rutinitas sehari-hari terkadang sering dilakukan dengan gaya hidup yang tidak sehat serta pola makan yang tidak seimbang. Padahal, kebiasaan ini sering menyebabkan sistem kekebalan alami tubuh menjadi menurun. Salah satunya adalah kebiasaan duduk terlalu lama.

Dokter (dr) Danang Ardiyanto, Koordinator Klinik Saintifikasi Jamu Hortus Medicus, Tawangmangu, Solo, menyebutkan, menurunnya sistem kekebalan tubuh, atau yang juga dikenal dengan sistem imunitas mampu meningkatkan resiko terserang beragam penyakit, mulai dari yang ringan seperti influenza hingga terserang virus HIV.

Beberapa hal yang juga dapat menyebabkan turunnya sistem kekebalan tubuh antara lain :

1. Udara di sekitar berpolusi

Tinggal di lingkungan yang dikelilingi oleh udara yang terkontaminasi zat berbahaya, dapat mengganggu kesehatanAnda.

2. Terlalu lama duduk

Menghabiskan lebih banyak waktu untuk duduk di kursi, dapat memperlambat sistem metabolisme tubuh. Rendahnya metabolisme menyebabkan tubuh jadi lemah dalam menyerap nutrisi yang penting bagi sistem imun.

4. Tidur tidak menjadi prioritas

Ketika Anda kurang tidur dan beristirahat, maka tubuh pun tidak akan memproduksi melatonin yang cukup. Akibatnya, sistem imun tubuh tidak dapat pula memproduksi sel darah putih yang dapat melawan bakteri jahat dan memperbaiki kerusakan dalam sel-sel tubuh.

5. Terlalu banyak konsumsi protein

Kelebihan protein dalam tubuh, khususnya protein hewani, dapat memproduksi hormon IGF1 lebih banyak dari jumlah yang seharusnya. Hormon ini merupakan hormon yang mempercepat penuaan di tubuh, sekaligus sedikit demi sedikit mengurangi ketahanan sistem imun.

Delapan Bahan Pangan Berkhasiat Optimalkan Imun Tubuh

Apakah Anda pernah merasakan gejala seperti mudah terserang virus dan flu, proses pemulihan diri yang lambat, rasa lelah terus menerus meski cukup beristirahat, mata berair, serta merasakan nyeri otot konstan? Jika Anda merasakan hal itu, ketahuilah itu adalah tanda bahwa sistem kekebalan tubuh (sistem imunitas) Anda sedang mengalami penurunan.

Dokter (dr) Danang Ardiyanto, Koordinator Klinik Saintifikasi Jamu Hortus Medicus, Tawangmangu, Solo, menyatakan, banyak cara yang dapat diambil untuk terus menjaga kualitas sistem kekebalan tubuh Anda tetap prima, salah satunya adalah dengan memanfaatkan bahan yang disediakan alam sebagai immunomodulator atau mengoptimalkan daya kerja sistem imun, seperti :

  • Jamur karena berkhasiat meningkatkan daya tahan tubuh untuk melawan flu dan hawa dingin.

  • Bawang Putih yang kaya akan zat antiviral dan antibakteri.

  • Sayuran berwarna cerah yang mengandung beta carotene untuk membantu sistem kekebalan tubuh manusia.

  • Kacang tanah karena kaya akan vitamin dan mineral yang berfungsi sebagai antioksidan, seperti omega 3, vitamin E, dan zink.

  • Strawberry dan blueberry dengan kandungan vitamin C dan bioflavonoid.

  • Daging ikan.

  • Serta coklat dan yogurt.

  • Satu lagi bahan alami yang dapat dimanfaatkan sebagai immunomodulator adalah Echinacea purpurea atau Purple Coneflower, namun karena membutuhkan proses pengolahan yang rumit bunga cantik yang satu ini jarang dimanfaatkan untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh.


"Kandungan kimia echinacea terdiri dari derivat ester asam kafeat seperti chicoric acid, echinasoside, dan bahan lain seperti tembaga, dan besi. Namun yang paling dapat dimanfaatkan untuk merangsang sistem kekebalan tubuh adalah komponen polisakarida larut air yang dikenal dengan nama inulin," kata dr. Danang Ardiyanto.

#kontan

loading...