Musim hujan identik dengan udara dingin dan banyaknya genangan air di mana-mana. Musim hujan memiliki cuaca yang selalu berubah-ubah dan hal ini sangat mempengaruhi daya tahan tubuh Anda. Oleh karena itu, tidak berlebihan jika kita melakukan upaya untuk menjaga stamina selama musim hujan. Karena stamina yang prima, akan membuat tubuh tidak mudah terserang penyakit.

Berikut beberapa tips yang membantu Anda menjaga daya tahan tubuh agar tetap prima di musim hujan:

Makan Makanan Bergizi

Salah satu kuncinya adalah bahwa tubuh tetap sehat dengan makan makanan bergizi dan seimbang. Jika makanan yang kita makan sudah cukup untuk tubuh, maka organ-organ otomatis tubuh kita akan berfungsi secara optimal. Jangan lupa untuk menyertakan buah-buahan dan sayuran untuk melengkapi menu sehari-hari. Satu hal yang perlu diingat, pada musim hujan biasanya banyak lalat di sekitar. Jadi kita harus selalu menjaga dan menutup makanan atau minuman sehingga tidak ada lalat yang membawa banyak kuman dan menyebabkan penyakit.

Minum Cukup Air

Mengonsumsi air yang cukup tidak hanya dilakukan ketika cuaca panas. Dalam dinginnya musim hujan kebutuhan air Anda masih harus dipenuhi. Minum setidaknya 8 gelas air putih setiap hari sangat baik untuk kesehatan serta juga akan menjaga kita dari penyakit ginjal dan pembentukan batu ginjal.

Mengonsumsi Multivitamin

Selain berfungsi sebagai antioksidan untuk melindungi tubuh dari radikal bebas yang berasal dari polusi udara dan asap rokok, vitamin C juga dipercaya untuk meningkatkan kekebalan tubuh dari tubuh. Vitamin C tidak diproduksi oleh tubuh kita, oleh karena itu kita membutuhkan asupan vitamin C dari makanan atau minuman yang kita konsumsi. Anda juga perlu pertimbangkan untuk mengonsumsi suplemen yang akan membantu menjaga daya tahan tubuh Anda, seperti suplemen multivitamin dan mineral untuk mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral harian Anda.

Latihan Rutin

Olahraga juga memberikan kontribusi peran dalam meningkatkan kekebalan dan daya tahan tubuh. Manfaat aktivitas fisik seperti olahraga banyak sekali seperti pengendalian berat badan, meningkatkan sirkulasi darah, meningkatkan fleksibilitas, serta meningkatkan keseimbangan. Luangkan waktu untuk berolahraga 20-30 menit setiap hari dan melakukan 3 kali seminggu.

Menjaga Kebersihan Diri dan Lingkungan

Pada musim hujan, genangan air menjadi pemandangan umum Anda jumpai di sepanjang jalan dan bahkan di lingkungan rumah Anda sendiri. Jadi jangan heran jika nyamuk senang bersarang di sana. Demam berdarah biasanya mulai banyak terjadi selama musim hujan. Untuk mencegah aedes aegypty berkembang, maka Anda harus menjaga kebersihan diri dan lingkungan di sekitar Anda.

Tetaplah sehat dan fit dalam menghadapi musim hujan ini dengan menjaga daya tahan tubuh melalui tips-tips di atas!

Sumber: Sportindo

loading...