Osteoarthritis mengacu pada kerusakan bantalan tulang rawan, kadang-kadang disebut tulang rawan artikular, yang menyediakan bantal di sendi dan mencegah tulang dari bergesekan tulang. Ketika bantalan tulang rawan ini menjadi terlalu tipis atau menghilang, gerakan tulang dapat menyebabkan nyeri dan kerusakan sendi lebih lanjut. Osteoarthritis paling sering terjadi pada sendi lutut, tetapi juga dapat berkembang di siku, pinggul, dan punggung. Penyakit ini mempengaruhi diperkirakan 27 juta orang Amerika.

Penyebab osteoarthritis

Semua orang akan mengalami setidaknya beberapa rincian yang berkaitan dengan usia tulang rawan artikular dan jaringan lain, tetapi dapat diperburuk oleh cedera dan peradangan. Nutrisi membentuk blok bangunan tulang rawan, sehingga kebiasaan makan yang buruk merupakan salah satu faktor risikonya.

Pengobatan konvensional

Perawatan medis fokus pada menghilangkan rasa sakit dan operasi untuk mengganti sendi lutut. Berhati-hatilah memilih obat, beberapa obat penghilang rasa sakit,  malah dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Perhatikan makanan anda

Upayakan untuk diet dengan protein yang berkualitas, terutama ikan air dingin, dan banyak jenis sayuran. Pada beberapa orang, kepekaan terhadap tanaman nightshade, termasuk tomat, kentang, paprika, dan terong, dapat memperburuk rasa sakit.

Suplemen

Beberapa suplemen dapat menurunkan risiko, dan mengurangi rasa sakit dari osteoarthritis. Suplemen tidak bekerja secepat obat, tetapi mereka jauh lebih aman.

Berikut adalah beberapa jenis suplemen yang dapat digunakan untuk menangani asteoarthritis anda:

1. Glukosamin sulfat dan kondroitin sulfat

Glukosamin sulfat dan kondroitin sulfat berguna untuk membangun blok tulang rawan / kartilage, dan puluhan penelitian telah menemukan bahwa suplemen dari satu atau keduanya dapat mengurangi nyeri osteoarthritis. Dalam beberapa penelitian di Eropa, glukosamin sebenarnya menyebabkan peningkatan pada tulang rawan sendi. Studi lain di Eropa menemukan bahwa orang yang telah mengambil glukosamin selama satu sampai tiga tahun setengah lebih mungkin membutuhkan operasi lutut-pengganti.

Sebuah studi di Kanada menemukan bahwa "sulfat" bagian dari molekul mungkin lebih penting daripada glucosamine tersebut. Suplemen tidak meningkatkan kadar glukosamin dalam darah, tetapi meningkatkan sulfat. Gunakan: Sekitar 1.500 mg glukosamin dan kondroitin 1.200 mg sehari.

2. MSM

Suplemen ini adalah sepertiga sulfur, mineral yang diperlukan untuk produksi kolagen, yang pada gilirannya diperlukan untuk tulang rawan. Beberapa studi telah menemukan bahwa suplemen MSM dapat menyebabkan pengurangan nyeri lutut osteoarthritis. Gunakan: 1.000 mg sehari, meningkat perlahan-lahan ke 1,500-2,000 mg. MSM dapat dikombinasikan dengan glucosamine dan chondroitin.

3. SAMe

Diucapkan "sammy," SAMe secara teknis dikenal sebagai S-adenosylmethionine. Hal ini memainkan peran penting dalam reaksi kimia dasar, yang disebut metilasi, di dalam tubuh. Enam penelitian terkontrol pada manusia telah menemukan bahwa ia bekerja seperti yang diresepkan dan lebih baik daripada plasebo dalam mengurangi nyeri osteoarthritis. Gunakan: 400-1,200 mg sehari.

4. Vitamin B3

Pada tahun 1940-an dan 1950-an, William Kaufman, MD, melaporkan bahwa lebih dari 600 pasien dengan osteoarthritis merasakan manfaat dari penggunaan niacinamide (nonflushing) bentuk dari vitamin B3. Dosis berkisar antara 900 - 4.000 mg per hari, tergantung pada tingkat keparahan osteoarthritis pasien; manfaat menjadi terlihat setelah 3-4 minggu. Gunakan: 1.000 mg sehari; perlahan-lahan meningkatkan jumlah yang 4.000 mg per hari jika diperlukan.

5. Vitamin C

Vitamin esensial ini diperlukan bagi tubuh untuk membuat kolagen dan tulang rawan, sehingga beberapa suplemen glucosamine dan chondroitin menampungnya. Dalam sebuah penelitian Angkatan Laut AS, kombinasi tersebut (bersama dengan mangan) menyebabkan sedikit rasa sakit osteoarthritis.

Sementara itu, peneliti Denmark menemukan bahwa konsumsi 1.000 mg vitamin C setiap hari selama dua minggu menyebabkan berkurangnya nyeri osteoarthritic pada pinggul dan lutut. Dalam beberapa kasus, kekurang vitamin C yang parah dapat menyebabkan sejenis rematik sendi. Penyakit ini bukan bentuk sejati dari arthritis, tetapi terkait dengan darah yang merembes dari pembuluh darah yang lemah ke dalam sendi. Gunakan: 1.000-3.000 mg per hari.

6. Pycnogenol

Ekstrak batang pinus Maritim Perancis ini mengandung lebih dari 40 jenis antioksidan. Peneliti memberikan sekitar 150 mg Pycnogenol atau plasebo setiap hari selama tiga bulan untuk 100 orang dengan osteoarthritis.

Orang yang memakai Pycnogenol mampu berjalan jarak yang lebih jauh dan berkurangnya edema pada kaki dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsi plasebo. Dalam studi terpisah dari 156 orang, 100 mg Pycnogenol sehari-hari juga membawa perbaikan. Gunakan: 150 mg atau lebih setiap hari.

7. ASU

Merupakan singkatan dari Avocado / Soybean Unsaponifiables, yang mengacu pada minyak anti-inflamasi yang diekstrak dari makanan tersebut, yaitu alpukat dan kacang kedelai. Beberapa studi telah menemukan bahwa ekstrak dari alpukat atau kedelai memiliki manfaat yang baik bagi orang dengan osteoarthritis. Gunakan: 300 mg setiap hari.

loading...