Terdapat cara mudah untuk menjaga kesehatan ginjal. Tak perlu bersusah payah, dengan mengonsumsi buah yang ada di sekitar kita, ginjal bisa tetap sehat. Selain menjaga kesehatan ginjal, buah-buahan ini juga memberikan manfaat lebih bagi tubuh. Kandungan serat pada buah bisa menjaga kesehatan pencernaan kita.

1. Manggis

Meskipun berukuran kecil, namun ternyata manfaat manggis cukup banyak. Salah satunya bagi kesehatan ginjal. Buah ini mengandung cukup banyak zat gizi seperti vitamin A, B6, B12, dan C yang menghasilkan cryptoxanthin sebagai antioksidan bagi tubuh. Bagi ginjal, buah ini membantu tubuh terlindung dari radikal bebas.

2. Rambutan

Kandungan vitamin C yang cukup banyak dalam buah ini dapat membantu ginjal memperlambat laju oksidasi radikal bebas. Tidak hanya manis, kandungan serat pada rambutan juga cukup baik bagi anda yang ingin menurunkan berat badan.

3. Apel Malang

Buah ini memiliki kandungan serat yang tinggi dan memiliki sifat anti-inflamasi. Mengandung vitamin seperti vitamin A, B, C dan kaya akan mineral seperti fosfor, kalsium, magnesium, natrium dan kalium membuat buah ini mampu menjadi penghancur batu ginjal. Zat gizi yang terkandung dalam apel malang juga bisa mencegah risiko penyakit-penyakit yang bisa memicu terjadinya gangguan ginjal.

4. Mengkudu

Sebagian orang tidak suka buah ini karena baunya yang cukup menyengat. Namun, mengkudu memiliki manfaat bagi kesehatan ginjal anda. Konsumsi jus mengkudu dalam jumlah cukup dapat membantu menghancurkan batu ginjal. Selain itu, mengkudu juga kaya akan vitamin E yang menghadang bakteri masuk ke dalam tubuh, sehingga baik bagi kekebalan tubuh anda.

5. Duku

Buah khas Indonesia ini ternyata kaya akan kandungan antioksidannya. Tak hanya itu, buah ini juga mengandung vitamin C yang berfungsi menurunkan kadar kolesterol tubuh yang bisa memicu terjadinya gangguan ginjal. 
 
#beritasatu com

loading...