Bagi kebanyak orang, bermain game memang mengasyikkan, tak hanya anak-anak, bahkan orang dewasa sekalipun. Mungkin, main game saat ini sudah merupakan hiburan utama bagi sebagian orang. Game, sebagian sangat simpel, anda hanya tinggal duduk di depan tv atau komputer dan mainkan atau gerakkan karakter atau objek yang ada di layar, itu saja. Ata ada juga game yang rumit, perlu strategi untuk memainkannya.

Banyak tipe game yang dapat dimainkan, dari game sederhana sampai game "hardcore", dari single player game sampai multiplayer game. Apapun tipe game yang anda mainkan, game akan mempengaruhi kesehatan anda. Bermain game membutuhkan gerakan yang sangat sedikit, duduk dalam waktu lama bermain game dapat menyebabkan kesehatan otot memburuk, obesitas, dan tekanan darah tinggi.

Game meningkatkan resiko depresi dan kelebihan berat badan

Dalam studi yang dipublikasikan dalam Journal of Preventive Medicine pada tahun 2008, video game memiliki efek langsung pada kejadian depresi dan kelebihan berat badan pada orang dewasa. Dalam studi yang melibatkan 562 orang laki-laki, sebanyak 45% orang yang memainkan game melaporkan tingkat depresi yang lebih besar dan status status kesehatan yang lebih buruk dibandingkan 55% orang yang tidak bermain game. Peserta pria dilaporkan mendapat efek negatif yang lebih besar daripada peserta perempuan.

Kadang ada orang bermain game hanya untuk pelarian atau menghabiskan waktu, ini bisa menjadi berbahaya, sebab bisa saja orang tersebut menjadi obsesif dalam bermain game, menghabiskan waktu berjam-jam dalam sehari, memisahkan diri dari relitas kehidupan nyata, dan terpisah dari kehidupan sosialnya.

Perhatikan apa yang dimakan

Makanan berlemak, makanan dan minuman manis, yang juga merupakan camilan favorit para gamer, dapat menyebabkan meningkatnya resiko depresi. Alternatifnya, gantilah makanan / minuman manis dan makanan berlemak dengan buah-buahan. Pisang (tinggi kalium, penting buat energi), apel, dan jeruk merupakan pilihan bagus. Buah-buahan jenis ini kaya akan vitamin dan mineral yang penting untuk kesehatan otak dan pemenuha energi. Jika membeli camilan atau snack tidak terhindarkan, pilihlah produk yang rendah kalori dan lemak.

Buanglah minuman bersoda anda jauh-jauh, gantilah cukup dengan air putih, air teh atau jika ingin yang lebih enak, buatlah jus buah kesukaan anda.  Beberapa minuman bersoda, memiliki kandungan yang sangat kaya akan kalori dan gula, hal ini memang memberikan peningkatan energi yang drastis dalam waktu singkat, tetapi akan berefek buruk dalam jangka panjang. Mungkin akan sulit bagi anda untuk berhenti minum minuman bersoda, lakukan secara perlahan dengan mengurangi dosisnya, sampai akhirnya anda berhenti minum soda sama sekali.

Jangan lupa untuk berolahraga

Yang juga sangat penting, janganlah terus terpaku di depan layar televisi atau komputer sampai berjam-jam, save-lah game anda, bangunlah, berjalanlah dan gerakkan tubuh anda, tangan dan kaki. Luangkan waktu akhir pekan anda untuk berolahraga di pagi hari, singkirkan tangan anda dari keyboard atau joy stick, sehari saja. Bergabunglah dengan teman, kerabat atau tetangga anda untuk menikmati akhir pekan, pergi berenang atau berkemah pasti mengasyikan dan juga menyehatkan.

loading...