Tubuh manusia bukan hanya sekedar mampu menyerap nutrisi makanan baik dari makanan atau minuman yang dikonsumsi, namun bisa juga merespon hal-hal buruk seperti racun.

Dalam hal tersebut ada yang dikenal dengan detoksifikasi. Sebuah proses metabolisme yang mengurangi kadar racun di dalam tubuh melalui pengeluaran urine dan feses.


Pada umumnya dalam memilih makanan, orang hanya mempertimbangkan rasa dan kelezatannya. akan tetapi mereka kurang peduli akan efek samping yang dapat merugikan kesehatan jika mengkonsumsinya secara berlebihan. jika anda termasuk orang yang seperti itu ada baiknya anda mengimbangi dengan mengonsumsi makanan yang memiliki fungsi detoksifikasi, berikut ini beberapa makanan yang mempunya fungsi sebagi penghilang racun atau detoksifikasi:

1. Air Kelapa Muda

Air kelapa memang terkenal memiliki khasiat dan manfaat yang istimewa bagi kesehatan dan kebugaran tubhuh manusia.  Di dalam air kelapa muda terkandung mineral kalium, sodium, klorida, dan magnesium. Zat-zat ini adalah elektrolit yang dibutuhkan tubuh untuk membantu mengatasi ancaman syok pada kondisi kekurangan cairan. Selain kalium, juga mengandung gula, vitamin B dan C dan protein. Komposisi gula dan mineral yang terdapat dalam air ini begitu sempurna, sehingga disebutkan memiliki keseimbangan yang mirip dengan cairan tubuh manusia. Selain sebagai isotonik alami dalam tubuh, Air kelapa sangat banyak manfaatnya, air kelapa juga dapat menangkal "keracunan" pada makanan.

2. Jus lemon

Minum jus lemon dipercaya sebagai salah satu cara detoks (penghilang racun) tubuh paling efektif dan praktis. karena selain kaya akan vitamin C, lemon juga bisa membantu pemulihan keseimbangan asam al-kali yang dapat menjaga tubuh pada tingkat keasaman (pH) yang stabil. artinya, tubuh anda akan lebih bisa menjaga pertumbuhan bakteri baik serta membantu menyingkirkan racun-racun (dari lingkungan maupun makanan) dari dalam tubuh.

3. Delima

Dalam setiap butir biji delima mengandung antioksidan berkonsentrasi tinggi yang disebut flavonoid, senyawa ini punya kemampuan sebagai antii alergi dan anti tumor. selain itu juga mengandung vitamin A,C, E, Folic acid dan zat besi yang membantu darah mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh. selain bahan detoks alami dan antioksidan, buah delima juga bisa mempercantik kulit.

4. Sayuran hijau

Sayuran hijau seperti brokoli, kangkung dan bayam mengandung serat tinggi yang bisa memperlancar sistem pencernaan. selaian itu, sayuran hijau juga mempunyai kemampuan meningkatkan tubuh dalam mengeluarkan racun-racun. untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari sayuran ini, konsumsilah dalam keadaan mentah ( menjadi lalapan atau salad) atau ditumis sebentar.

5. Bawang putih

Banyak orang yang tak menyukai bawang putih karena baunya yang tidak enak. akan tetapi tidak bisa di pungkiri bahwa bumbu penyedap masakan ini punya banyak sekali manfaat bagi kesehatan. setiap siunng bawang putih mengandung antioksidan pelawan racun dan alicin, saat dicerna dalam tubuh alicin akan bereaksi dengan darah untuk menciptakan "agen-agen" yang bertgas membunuuh bakteri dan virus jahat. bawang putih juga efektif menurunkan kolesterol dan menstabilkan tekanan darah.

6. Teh putih

Teh putih terbuat dari pucuk termuda dari pohon teh atau bagian dari pohon yang mengandung manfaat paling banyak bagi kesehatan, daun tersebut kemudian dikeringkan secara alami sehingga kandungan nutrisinya masih tinggi. teh putih kaya akan polifenol (antioksidan yang berfungsi melawan radikal bebas) dan catechn ( senyawa antioksidan yang bisa mengurangi kolesterol). minumlah teh putih satu cangkir sehari sehari secara rutin untuk mendapatkan manfaat detoks yang maksimal.

7. Nasi merah

Satu porsi nasi merah perhari bisa memenuhi kebutuhan vitamin B, protein, zat besi, selenium dan magnesium. nasi merah juga memiliki antioksidan yang memberi perlindungan terhadap penyakit serta meningkatkan fungsi organ pada tubuh.

8. Rumput Laut

rumput laut mempunyai banyak sekali kandungan nutrisi, tak kurang dari 25 nutrisi terkandung dari tumbuhan bawah air ini, rumput laut kaya akan vitamin, mineral, magnesium dan yodium..yodium membantu pembentukan hormon tiroid yang mengatur tingkat metabolisme. mineral yang terkandung dalam rumput laut, membantu menyingkirkan lemak dan air berlebih yang menumpuk pada tubuh. rumput laut juga mempunyai kemampuan untuk mengeluarkan raun-racun dari dalam tubuh.

9. Selada air

Selada air menganddung banyak vitamin seperti B1, B2, B6, C dan E. selain itu juga kaya akan zat besi, karoten dan pottasium. kandungan nutrisinya membuat selada air baik untuk pembersihan tubuh, melancarkan sistem pencernaan, menghaluskan kulit dan menyingkirkan racun serta kelebihan cairan.

#internet

loading...