Perawatan kulit sehari-hari dimulai dengan pembersih, yang kemudian diikuti dengan penggunaan  toner dan pelembap, namun kebanyakan orang melupakan toner,padahal sebenarnya dengan penggunaan toner dapat membantu memperbaiki penampilan kulit.

Toner digunakan untuk mempertahankan keseimbangan pH kulit dan mengangkat kotoran dan sel kulit mati. Selain itu, untuk mengecilkan pori-pori kulit. Berikut ini beberapa manfaat toner:

1. Menyegarkan kulit:

Toner dapat membantu mengangkat riasan wajah atau kotoran yang tersisa dan melekat pada kulit. Toner juga memberikan elemen penyegaran, terutama setelah mandi dengan air panas atau setelah kulit berkeringat.

Pemilihan toner yang mengandung vitamin dan antioksidan dapat membantu memberikan kesegaran pada kulit, memberikan energi dan efek menenangkan pada kulit.

2. Membantu meremajakan kulit

Toner yang mengandung vitamin A, C, dan E dapat membantu meremajakan kulit, menstimulasi pembentukan sel dan mengurangi kerusakan oleh radikal bebas. Hal ini juga akan meningkatkan lapisan hidrolipidik yang memberikan barier pelindung yang membantu kulit mepertahankan kelembapan kulit dan mempertahankan dinding kapiler kulit.

3. Melembapkan kulit

Pembersih kulit wajah dapat menghilangkan pelembap dari kulit, dan  toner  dapat membantu menggantikan pelembap kulit. Toner akan menarik air dari dermis ke epidermis yang juga membantu mengurangi penampakan iritasi.

4. Melindungi kulit

Penggunaan toner yang mengandung ekstrak tumbuhan dapat membantu mengecilkan pori-pori kulit, mengurangi risiko alergi dan membantu mencegah jerawat.

5. Mengangkat sel kulit mati

Beberapa toner mengandung bahan eksfoliasi yang dapat membantu mengangkat sel kulit mati.

6. Menyeimbangkan pH kulit

Kulit secara alami bersifat asam dengan pH sekitar 5-6. Proses pembersihan kulit dapat menghilangkan minyak alami yang membantu mempertahankan keseimbangan pH, terutama jika menggunakan pembersih dengan pH alkali, sehingga dapat menyebabkan kulit memproduksi minyak secara berlebihan untuk menggantikan minyak yang hilang. Toner akan membantu kulit mempertahankan pH yang sesuai agar kulit tetap sehat.

Jenis-jenis Toner

Terdapat 3 jenis dasar toner kulit di pasaran yang fungsinya berbeda dan ditujukan untuk jenis kulit yang berbeda.

1. Penyegar kulit

Merupakan jenis toner yang sangat ringan, mengandung 0-10% alkohol dan humektan seperti  glycerin  yang akan menjaga kelembaban kulit dari penguapan melalui kulit. Hal ini akan membantu kulit lembab lebih lama. Karena mengandung bahan yang ringan, maka toner jenis ini ditujukan untuk kulit normal, kulit kering atau sensitif. Toner yang tidak mengandung alkohol aman digunakan setiap hari.

2. Tonik kulit

Tonik merupakan toner yang sedikit lebih kuat, mengandung sekitar 20% alkohol, humektan, dan air. Toner jenis ini ditujukan untuk kulit kombinasi atau berminyak. Biasanya mengandung air bunga jeruk.

3. Astringen kulit

Astringen merupakan jenis toner paling kuat, yang ditujukan untuk kulit yang sangat berminyak atau berjerawat. Astringen mengandung 20-60% alkohol, air, dan humektan. Biasanya mengandung  witch hazel. Astringen mempunyai sifat yang sangat mengeringkan sehingga tidak dianjurkan digunakan setiap hari.

Cara Penggunaan Toner

Pemilihan toner yang benar merupakan langkah pertama yang penting dalam menggunakan produk perawatan kulit harian. Setelah kulit dibersihkan dengan pembersih wajah, keringkan, jangan gosok dengan handuk karena dapat mengiritasi. Aplikasikan sedikit toner pada kapas dengan gerakan lembut. Hindari menggosokkan produk pada kulit. Biarkan kering dengan berjalannya waktu, baru kemudian aplikasikan pelembap kulit.

Sebelum menggunakan suatu produk toner atau astringen, dianjurkan untuk menguji terlebih dahulu apakah produk tersebut tidak berdampak buruk pada kulit dan apakah sesuai dengan jenis kulit. Terlebih dahulu sebagian kecil produk diaplikasikan pada lengan, dan setelah beberapa saat, jika timbul gejala gatal, iritasi, atau timbul ruam kulit, maka penggunaan produk tersebut dihentikan karena berarti tidak sesuai dengan kulit kita.

REFERENSI:
1.  What does a skin toner do? [Internet]. 2013 [cited 2013 Mar 26]. Available from: http://www.md-health.com/What-Does-Toner-Do-For-Your-Face.html
2. Difference between toner and astringent [Internet]. 2013 [cited 2013 Mar 26]. Available from: http://www.healthguidance.org/entry/12322/1/Difference-Between-Toner-and-Astringent.
html
3.  Romualdez V. Difference between toner & astringent [Internet]. 2013 [cited 2013 Mar 26]. Available from: http://www.ehow.com/about_5566818_difference-between-toner-
astringent.html
4.  Jenkins J. How to use an astringent skin toner in your skin care routine [Internet]. 2006 [cited 2013 Mar 26]. Available from: http://ezinearticles.com/?How-to-Use-an-Astringent-SkinToner-in-Your-Skin-Care-Routine&id=36082

#CDK

loading...