Makanan sehat merupakan salah satu pertahanan terbaik untuk melawan penyakit, dan mungkin kita saja makanan tersebut terdapat di dapur atau kulkas kita. Jangan remehkan sayuran atau ikan yang sehari-hari dimasak, mungkin saja salah satunya merupakan "imune booster" yang sangat berperan dalam melawan penyakit.

Flu merupakan penyakit yang berhubungan dengan daya tahan tubuh, jika daya tahan tubuh sedang lemah, kita rentan terkena flu. Berikut adalah beberapa jenis sumber makanan yang dapat membantu dalam melawan flu:

Yogurt
Stress dan waktu tidur yang singkat merupakan 2 faktor yang dapat meningkatkan resiko penyakit. Orang yang  mengkonsumsi suplemen probiotik setiap hari selama 12 minggu, biasanya terkena pilek yang lebih pendek dan tidak terlalu berat. Pastikan label yoghurt yang anda konsumsi berisi tulisan "live and active cultures" (memiliki kandungan seperti Lactobacillus bulgaricus atau L. acidophilus).

Ubi jalar
Ubi jalar merupakan sumber vitamin yang sangat baik (dalam kemasan kecil saja dapat mengandung lebih dari 200% kebutuhan vitamin harian), yang penting dalam merangsang respon tubuh terhadap infeksi. Ubi jalar juga dapat membuat kulit -yang merupakan garis depan pertahanan terhadap bakteri dan virus- menjadi lebih kuat dan sehat.

Salmon
Kita mengetahui banyak makanan yang merupakan sumber vitamin d, tetapi hanya dengan 3 ons salmon 100% kebutuhan harian akan vitamin d sudah terpenuhi. Orang yang rendah level vitamin d-nya, akan lebih mudah terserang infeksi saluran pernafasan bagian atas.

Jamur
Jamur telah sejak lama digunakan untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan bahkan melawan kanker, salah satu studi menemukan bahwa suplemen yang berasal dari jamur kancing putih dapat membantu meningkatkan aktivitas sel darah putih dalam melawan tumor dan virus.

Coklat
Memuaskan diri dengan coklat berarti anda memenuhi tubuh dengan fitokimia yang disebut flavonoid yang mendukung sel kekebalan t -helper, yang meningkatkan pertahanan alami anda terhadap infeksi, demikian menurut sebuah studi tahun 2009 di British Journal of Nutrition. Coklat hitam adalah pilihan terbaik, karena mengandung lebih banyak kakao, sumber dari flavonoid.

Teh Hijau
Ini merupakan salah satu alasan anda untuk beralih kebiasaan minum kopi ke teh: teh mengandung senyawa antioksidan yang disebut katekin (khususnya yang disebut epigallocatechin gallate, atau EGCG ) yang memiliki kemampuan antivirus. Dalam test laporatorium, senyawa teh hijau menunjukkan mampu menghentikan virus flu dari replikasi.

Mackerel
Jenis ikan berminyak ini memiliki jumlah yang mengesankan akan omega-3 (1.200 mg hanya dalam tiga ons makarel kaleng), suatu asam lemak sehat yang dapat meningkatkan kekebalan dengan mengaktifkan sel b, type sel tempur yang akan mengaktifkan antibodi dalam tubuh untuk melawan zat asing penyebab penyakit.

Asparagus
Setengan cangkir asparagus yang dimasak akan memasok sepertiga kebutuhan harian akan folat. Asupan folat yang cukup sangat penting untuk fungsi kekebalan tubuh. Kekurangan folat akan menurunkan produksi sel darah putih, yang juga dilepaskan sebagai respon terhadap infeksi. Sumber folat lainnya antara lain bayam, dan sawi.

loading...