Memilih bahan makanan yang baik dan sehat, bukan hanya melihat rupa dan rasanya saja, tetapi juga perlu memperhatikan aspek lainnya, misalnya kandungan gizi, dan kemungkinan residu pestisida dalam produk tersebut.

Dampak penggunaan pestisida harus dipertimbangkan dalam memilih bahan makanan yang akan dikonsumsi. Pestisida dapat menimbulkan dampak yang merugikan bagi lingkungan, antara lain mencemari air dan tanah, bahkan residu pestisida dapat terakumulasi dalam bagian-bagian tanaman dan ternak peliharaan.

Bagi lingkungan saja, pestisida berakibat buruk, apalagi bagi manusia. Bagi manusia, paparan pestisida akan menimbulkan berbagai macam bahaya, antara lain peneliti menemukan bahwa wanita yang banyak terpapar pestisida ketika masa kehamilan dapat menyebabkan anak yang lahir memiliki IQ yang rendah.

Meminimalkan residu pestisida, barangkali bisa dilakukan dengan memilih produk organik. Tetapi jika produk organik tidak tersedia, tips berikut adalah untuk meminimalkan dampak buruk terpaparnya residu pestisida dan bakteri yang mungkin terdapat dalam bahan makanan yang akan dikonsumsi:

1. Cuci tangan

Cuci tangan setidaknya 20 detik dalam air hangat dan sabun sebelum menyiapkan bahan makanan segar, hal ini untuk mencegah penyebaran bakteri.

2. Potong bagian yang rusak

Potong bagian bahan makanan yang mengalami kerusakan atau busuk, sebelum diolah atau dimakan. Bagian yang rusak atau busuk bisa saja merupakan sumber bakteri yang dapat menyebar jika tidak dibuang.

3. Cuci dengan air banyak

Cuci bahan makanan dengan air dingin atau hangat yang banyak dan gosok dengan sikat yang sesuai. Kalau memungkinkan, cucilah bahan makanan dengan air yang mengalir. Bahan makanan tidak perlu dicuci dengan sabun atau bahan pembersih lain.

4. Cuci sebelum dikupas

Cuci bahan makanan sebelum dikupas, agar kotoran dan bakteri tidak ditransfer dari pisau ke buah atau sayuran.

5. Keringkat dengan kain bersih

Keringkan bahan pangan dengan kain bersih atau tisu untuk mengurangi bakteri yang mungkin terdapat dalam bahan makanan tersebut.

6. Buang daun terluar

Buang bagian daun terluar dari sayuran berdaun seperti selada dan kubis.

7. Buang lemak dan kulit

Buang lemak dari produk daging dan buang lemak dari produk ayam dan ikan. Residu dari pestisida biasanya terkonsentrasi dalam bagian lemak.

loading...