Hidup alami dihubungkan dengan hidup yang sederhana, dan sehat. Lingkungan modern yang penuh dengan aktifitas dan polusi dapat memberikan tekanan yang berat pada hidup dan seringkali berakibat buruk bagi kesehatan.

Banyak yang meyakini bahwa cara hidup alami dapat memberikan hal positif bagi kesehatan. Berikut adalah beberapa cara hidup alami yang mungkin bisa anda lakukan:

1. Kurangi stress

Stress, sepertinya tidak ada satupun manfaat dan kebaikan yang diberikan pada orang yang mengalaminya. Dalam hidup modern ini, stress tidak bisa dihindarkan oleh kita. Dengan berbagai cara, kita harus mengurangi stress agar tidak berpengaruh buruk pada kesehatan. Menarik napas dalam-dalam, mencoba beberapa posisi yoga, atau berendam air hangat di bak mandi; mungkin bisa dicoba untuk relaksasi, yang pada akhirnya diharapkan dapat mereduksi stress. Stress dapat menyebabkan kecemasan, depresi dan gangguan tidur, yang dapat memicu timbulnya berbagai macam penyakit.

2. Lindungi pohon-pohon

Beberapa peneliti menduga adanya hubungan antara hilangnya atau matinya pohon-pohon di lingkungan kita dengan tingginya angka kematian akibat penyakit jantung dan penyakit gangguan pernafasan, demikian menurut Geofrey H. Donovan, Ph.D., peneliti kehutanan dari USDA Forest Service. Pohon dapat memperbaiki kualitas udara dan mengurangi stress, yang mana keduanya sering dihubungkan dengan resiko rendah penyakit jantung dan penyakit akibat gangguan pernafasan.

3. Perbanyak makan buah dan sayuran, lebih baik kalau organik

Sayur dan buah sungguh adalah makanan yang bernilai, karena kaya akan fitokimia dan vitamin yang mempunyai aktivitas antioksidan, juga zat-zat gizi lainnya seperti mineral dan enzim. Pada waktu yang bersamaan sayur dan buah juga teman terbaik para pediet karena kandungan kalorinya rendah. Diet tinggi antioksidan juga mengurangi risiko penyakit kanker, jantung, diabetes, rheumatoid, arthritis, premature aging dan masalah penglihatan yang berhubungan dengan usia (age-related vision). Pilihlah buah dan sayuran organik karena tidak mengandung pestisida sehingga mampu membantu melawan kanker.

4. Konsumsi makanan mentah

Makan makanan mentah (raw foodism atau rawism) adalah sebuah cara mengonsumsi makanan yang tidak dimasak, tidak diproses, dan diutamakan jenis organik sebagai pola makan sehari-hari. Terdapat beberapa kelompok pemakan makanan mentah antara lain: Kelompok yang masih memasak sayuran tetapi tidak lebih dari 40 derajat celcius, mereka percaya suhu di atas 40 derajat Celcius dapat merusak nutrisi dan enzim makanan, tidak sehat, dan meninmbulkan racun bagi tubuh. Kelompok lainnya hanya memakan buah-buahan, buah-buahan dan biji-bijian mentah (fruitarians), kelompok yang memakan sayur dan buah yang dijus (juicearians), serta orang yang lebih banyak mengonsumsi kecambah biji-bijian (sproutarians). Untuk mendapatkan protein hewani, terkadang orang mengonsumsi produk susu dan telur.

5. Banyak minum air putih

Minuman yang berwarna-warni dan beraneka macam rasa tentu sangat menarik minat kita untuk meninumnya. Tetapi harus disadari bahwa di balik semua itu, terdapat resiko yang dapat mengancam kesehatan tubuh. Berbagai macam softdrink dan minuman olahan, termasuk dalam kelompok minuman ini.

Dibanding minuman apapun, air putih merupakan yang terbaik. Minumlah air putih minimal 8-9 gelas setiap harinya. Fungsi ginjal dan saluran kemih pun terbantu kelancarannya dengan meminum air putih. Di siang hari, minumlah air sejuk (bukan air es) dan air hangat di malam hari. Anda juga bisa menambahkan air jeruk lemon atau jeruk nipis. Minuman ini berguna mengeluarkan toksin dari dalam tubuh, selain menyegarkan diri.

6. Hirup udara bersih

Hiruplah udara yang bersih dan sehat, maka Anda terhindar dari gangguan pernapasan. Udara pagi adalah sangat baik untuk paru-paru Anda, tanpa repot mencari udara pegunungan. Sempatkanlah keluar rumah sebelum berangkat kerja untuk mengatur pernapasan menghirup udara sejuk. Ketika berada di luar, sebisa mungkin menjauhlah dari udara tercemar seperti asap kendaraan atau debu dan asap rokok. Perabot rumah, kipas angin atau AC di rumah dan ruangan kerja anda juga jangan lupa untuk rutin dibersihkan.

7. Manfaatkan pengobatan herbal

Saat ini pengobatan herbal sedang mengalami trend yang posoitif, bahkan tak jarang para dokter pun menyarankan pengobatan herbal sebagai alternatif atau pendamping pengobatan konvensionalnya. Berkonsultasilah dengan dokter dan ahli herbal sebelum anda memutuskan untuk menggunakan pengobatan herbal, jangan melakukan pengobatan herbal sendiri.

loading...