Saat olahraga, tubuh membutuhkan energi baik dari karbohidrat atau lemak dalam tubuh untuk dibakar. Namun pola makan yang salah sebelum olahraga malah akan merusak sistem kerja tubuh dan proses olahraga sehingga tidak ada hasil yang didapat.

Salah pola makan sebelum olahraga bisa membuat tubuh menjadi cepat lesu, sistem tubuh rusak, kram, dan bahkan pingsan,” ujar Jim White, ahli nutrisi dan diet dari Academy of Nutrition and Dietetics, Chicago, Amerika Serikat. “Hal yang sama juga bisa terjadi kalau Anda belum makan sebelum olahraga berat,” tambahnya.

Jadi jangan sampai olahraga kardio atau angkat beban Anda tidak ada hasilnya. Berikut kami sajikan 5 kesalahan terbesar pola makan sebelum olahraga. Bacalah dan usahakan hindari 5 kesalahan paling banyak dilakukan berikut ini :

Kesalahan 1 : Mengonsumsi gula sebelum olahraga

Sebelum olahraga, terutama menjelang sore hari, Anda merasa energi tubuh menurun. Sugar craving pun melanda. Akhirnya Anda mengudap makanan tinggi gula seperti donat, roti basah, chocolate bar, wafer, atau kue kering. Akibatnya, alih-alih energi tubuh terdongkrak naik, kandungan gula dan karbohidrat simpel malah meningkatkan gula darah. Hasilnya tubuh Anda akan lunglai di tengah-tengah olahraga.

Gantilah dengan camilan yang lebih sehat seperti buah-buahan, yoghurt bebas lemak, atau whey protein. Tambahkan kopi hitam tanpa gula untuk meningkatkan metabolisme dan energi.

Kesalahan 2 : Makan fastfood sebelum olahraga

Suatu kali Anda tergoda makan sepotong ayam goreng tepung yang crunchy atau hamburger yang lezat. Sesudah itu Anda merasa bersalah dan ingin berusaha membakar kalori fast food tersebut dengan segera olahraga kardio dan angkat beban di gym. Padahal fast food kaya akan lemak sehingga membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna dibandingkan dengan karbohidrat. Akibatnya sebagian besar aliran darah akan dipusatkan untuk membantu mencerna fast food tersebut sehingga tidak banyak membantu otot-otot yang sedang Anda latih. Hasilnya otot Anda tidak akan bekerja dengan sempurna dengan hasil yang tidak optimal pula.

Kesalahan 3 : Perut kosong sebelum olahraga

olahraga yang intens saat perut Anda kosong akan membuat otot Anda lebih cepat failure karena glikogen otot lebih cepat habis dibakar. Tanpa ada suplai bahan bakar baru untuk glikogen otot, tubuh Anda akan lebih cepat letih hingga Anda tak mampu meneruskan olahraga atau bahkan membuat pucat dan akhirnya pingsan. Jadi jangan lupa makanlah camilan sehat minimal 30 menit sebelum olahraga atau makan besar minimal 2 jam sebelum olahraga.

Kesalahan 4 : Minum energy drink sebelum olahraga

Iklan minuman berenergi yang sering Anda lihat di layar kaca memang tampak sangat meyakinkan. Diklaim bahwa kandungan kafein dan taurin dalam minuman berenergi mampu mendongkrak energi untuk beraktivitas sampai beberapa jam ke depan. Klaim tersebut tidak salah. Masalahnya, sebagian besar energy drink yang dijual di Indonesia mengandung kadar gula yang cukup tinggi yang akibatnya sama dengan kesalahan 1 di atas.

Kandungan kafein yang terlalu tinggi juga bisa memengaruhi kualitas tidur Anda. Akibatnya Anda tidak bisa beristirahat maksimal untuk perbaikan dan pertumbuhan otot.

Kesalahan 5 : Makan telur mentah utuh sebelum olahraga

Anda pasti ingat adegan film Rocky saat Sly menenggak satu cangkir telur utuh mentah sebelum olahraga. Memang betul bahwa telur kaya akan protein yang mampu membantu pembentukan jaringan otot baru. Namun yang dimaksud adalah telur rebus, itupun hanya bagian putih telur rebus saja yang paling kaya nutrisi proteinnya.

Putih telur rebus mengandung dua kali lipat protein (91% bioavailable) dibandingkan putih telur mentah (51% bioavailable). Telur mentah juga mengandung kolesterol yang tinggi terutama pada kuning telurnya. Bakteri salmonela dalam telur mentah juga bisa membuat Anda terserang diare.

Pola makan sebelum olahraga sebaiknya terdiri dari makanan kaya protein dan karbohidrat komplek untuk memastikan suplai energi yang baik saat olahraga dan menjaga kesehatan tubuh selama hari-hari olahraga. Selamat makan dan olahraga!

sportindo

loading...