Putih telur, yang mungkin masih kalah populer dibanding dengan kuning telur ini, ternyata memiliki potensi khasiat yang sangat baik, yaitu menurunkan tekanan darah.

Para ilmuwan menawarkan bukti baru mengenai komponen di dalam putih telur yang sudah dikenal sebagai bagian yang sehat --konsumen khawatir pada kolesterol di bagian kuningnya --mempunyai manfaat menguntungkan lain yaitu menurunkan tekanan darah.

Hasil studi itu merupakan bagian dari pertemuan nasional dan eksposisi ke-245 Asosiasi Kimia Amerika (ACS), perkumpulan ilmuwan terbesar di dunia, yang masih berlangsung di New Orleans hingga Kamis. "Penelitian kami menawarkan kemungkinan ada alasan lagi mengapa kita menyebut 'telur adalah makanan luar biasa'," kata kepala peneliti Zhipeng Yu dari universitas Jilin, China.

"Kami mempunyai bukti laboratorium bahwa bagian dari putih telur -- peptida-- salah satu pembentuk protein, dapat menurunkan tekanan darah sedikitnya sama dengan dosis captopril--obat tekanan darah tinggi," katanya.

Yu yakin bahwa peptida putih telur apakah dalam bagian telur atau dalam bentuk suplemen, dapat bermanfaat untuk mengobati tekanan darah tinggi. Temuan mengenai manfaat putih telur dan tekanan darah tinggi itu meningkatkan pamor akan telur sebagai makanan kaya nutrisi.

Setelah sempat dikelompokkan sebagai makanan yang harus dihindari, penelitian beberapa tahun ini menyimpulkan bahwa banyak orang bisa mengonsumsi telur tanpa membuat kadar kolesterol dalam darah meningkat.

Berbagai khasiat lainnya

Selain berkhasiat untuk menurunkan tekanan darah, putih telur juga memiliki banyak khasiat lainnya, antara lain menurunkan kolesterol dan menurunkan berat badan.

Putih telur adalah sumber protein alami

Dalam putih telur terkandung beberapa jenis protein, di antaranya fosfor, kalsium, zink dan pottasium. Protein alami dalam putih telur juga baik dalam menghasilkan asam amino untuk pembentukan otot.

Putih telur tidak mengandung kolesterol

Dalam putih telur tidak terkandung lemak, kolesterol, lemak trans dan karbohidrat. Sehingga putih telur bisa di konsumsi untuk membantu mengurangi tingkat kolesterol dalam asupan kita.

Protein putih telur mudah diserap tubuh

Protein alami dalam putih telur ternyata lebih mudah di serap oleh tubuh di banding makanan lain seperti daging ataupun minuman berprotein. Hal ini membuat protein dapat d serap sepenuhnya dalam tubuh tanpa harus banyak protein yang terbuang.

Putih telur bisa mengurangi berat badan
Berdasar penelitian di Pennington Biomedical Research Centre membuktikan, mereka yang  mengkonsumsi 2 putih telur setiap pagi berat badannya berkurang sekitar 65% dan merasa lebih berenergi di banding yang hanya mengkonsumsi roti biasa.

Putih telur bisa mencerahkan kulit

Protein dalam putih telur mampu membantu melembabkan kulit wajah dan mampu mempercepat proses regenerasi pada kulit wajah. Caranya dengan mengoleskan putih telur ke seluruh bagian wajah secara merata dan diamkan selama 30 menit. Setelah 30 menit basuh dengan air hangat.