Banyak orang mengalami gangguan tidur, banyak penyebabnya, mulai dari lingkungan, aktifitas sehari-hari, stress sampai penyakit. Dalam tingkat ringan, gangguan susah tidur mungkin tidak terlalu mengganggu anda, tetapi dalam tingkat yang berat, hal ini dapat mengganggu aktifitas dan kesehatan anda.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi gangguan tidur, antara lain dengan obat-obatan dan terapi. Berikut adalah beberapa jenis herbal dan bunga yang dapat membantu mengatasi gangguan tidur anda:

1. Bunga sedap malam

Bunga sedap malam dapat digunakan untuk mengatasi gangguan susah tidur dan menenangkan pikiran dan hati.
Bahan: 30 kuntum bunga sedap malam, 15 gram kie cie (bisa dibeli di toko obat Cina), 1-2 buah hati ayam, 2 siung bawang putih, 4 siung bawang merah, 10 gram jahe, merica, garam, dan kecap masing-masing secukupnya. Iris bawang putih dan bawang merah. Tumis semua bahan dengan minyak goreng nonkolesterol secukupnya. Tambahkan tepung tapioka yang telah diencerkan secukupnya. Masak sampai matang.

2. Jinten hitam

Saponin yang terdapat didalam jinten hitam memiliki fungsi seperti kortikosteroid yang dapat mempengaruhi karbohidrat, protein dan lemak serta mempengaruhi fungsi jantung, ginjal, otot tubuh dan syaraf. Sapoinn berfungsi untuk mempertahankan diri dari perubahan lingkungan, gangguan tidur, dan dapat menghilangkan stress.

3. Bunga melati

Letakkan segenggam bunga melati di dekat tempat tidur. Selain membuat ruangan lebih semerbak, melati diketahui akan membuat tidur anda lebih nyenyak.

4. Bunga lavender

Aroma bunga lavender akan memperlambat detak jantung serta menurunkan tekanan darah. Dalam sebuah peneliti dibandingkan efek minyak lavender dengan plasebo yang disemprotkan di seprai 12 wanita penderita insomnia. Hasilnya, wanita yang tidur di ruangan dengan wangi lavender tidur lebih cepat dan bangun dengan segar.

5. Bunga kacapiring atau gardenia

Dalam ilmu Ayuverda, bunga gardenia sudah dipakai untuk mengatasi rasa marah dan ketidaksabaran. Aromanya yang manis diketahui juga membantu mata lebih cepat terpejam.

#dari berbagai sumber

loading...