Makan tomat diyakini dapat menurunkan resiko terkena kanker prostat. Para ilmuwan dari Universitas of Illinois USA melakukan penelitian terhadap tiga kandungan karotenoid tomat, yaitu lycopene, phytoene dan phytofluene, yang diharapkan akan memberikan titik terang akan potensi tomat dalam menurunkan resiko kanker prostat. Meski demikian, sebagian ahli lainnya meyakini bahwa kemampuan tomat dalam proteksi terhadap kanker bukan hanya dari lycopene, melainkan sebagai manfaat dari "keseluruhan" tomat itu sendiri, termasuk jenis-jenis karotenoid lainnya.

Tomat memiliki kandungan yang diyakini dapat melindungi kita dari kanker, antara lain vitamin C, vitamin A, fiber, dan potassium, juga karotenoid yang memberikan warna merah, kuning dan oranye pada tomat. Kandungan karotenoid yang banyak terdapat pada tomat yaitu lycopene, phytoene, phytofluene, zeta-carotene, gamma-carotene, beta-carotene, neurosporene, and lutein.

Beberapa penelitian telah menghubungkan lycopene dengan kemampuan untuk perlindungan kanker. Makan tomat dapat meningkatkan konsentrasi lycopene dalam darah dan sel mukosa pada orang dewasa yang sehat. Selain terdapat pada tomat, lycopene ini juga terdapat pada buah-buahan lain seperti semangka dan jambu biji.

Dalam sekitar 4000-an percobaan, penelitian dan laporan American Institute for Cancer Research (AICR) tercatat sejumlah besar bukti bahwa tomat dan makanan yang mengandung lycopene kemungkinan memiliki kemampuan dalam perlindungan terhadap kanker, khususnya dalam menurunkan resiko kanker prostat.

Disamping manfaat akan proteksi kankernya, makan lebih banyak tomat juga dianjurkan sebagai cara untuk meningkatkan asupan buah dan sayuran. Tomat harus menjadi bagian dari strategi anda dalam meningkatkan kesehatan yang mencakup aktivitas fisik secara teratur, menjaga berat badan yang sehat, banyak makan makanan nabati, dan membatasi konsumsi daging merah.

Berbagai mafaat tomat lainnya

Selain potensinya dalam menurunkan resiko kanker prostat, berikut adalah beberapa manfaat tomat lainnya bagi kesehatan:

1. Sebagai antioksidan

Tomat kaya akan vitamin A dan C, serta kandungan beta carotene yang tinggi. Seluruh kandungan ini berperan sebagai antioksidan aktif yang bekerja menetralisir zat radikal bebas yang berbahaya di dalam aliran darah. Zat radikal bebas dalam darah ini dapat dibuang dengan Lycopene tingkat tinggi yang terdapat dalam tomat.

2. Menyehatkan mata

Karena kandungannya akan vitamin A yang begitu besar, tomat adalah makanan yang tepat untuk meningkatkan kemampuan penglihatan Anda. Tomat akan menjaga mata dari kemungkinan penyakit rabun senja.

3. Menguatkan Jantungj

Kandungan Kalium dan Vitamin B yang dimiliki tomat dapat menurunkan tekanan darah dan tingkat kolesterol tinggi. Zat ini, nantinya bisa membantu Anda mencegah stroke, serangan jantung dan gangguan jantung yang mematikan lainnya.

4. Merawat kulit

Tingginya jumlah Lycopene membuat tomat sangat baik digunakan untuk perawatan kulit. Lapisi kulit wajah Anda dengan bagian dalam kulit tomat dan diamkan selama kira-kira 10 menit. Kemudian bilas dengan air bersih. Wajah akan terlihat bersih dan bersinar seketika.

5. Menyehatkan rambut

Masih ingat tentang banyaknya kandungan Vitamin A dalam sebuah tomat? Selain bagus untuk mata, gigi, kulit, dan tulang, Vitamin A juga bagus untuk menjaga rambut Anda tetap kuat dan sehat.

6. Menguatkan tulang

Tomat juga memiliki kandungan Vitamin K dan Kalsium yang cukup untuk membantu tulang Anda menjadi lebih kuat.