Pilek menyebar dengan dua cara, melalui udara dan kontak langsung. Ketika seorang yang sedang pilek batuk atau bersin, maka dia juga berarti menyebarkan virus pileknya ke udara. Orang sehat kemudian menghirup virus itu dari udara dan dapat terkana pilek juga.

Penyebaran pilek dengan kontak langsung berarti penyebaran virus melalui jari tangan ke hidung. Orang tanpa sadar seringkali menyentuh hidung mereka beberapa kali satu jam. Bila anda terkena pilek, menyentuh hidung berarti mencemari jari-jari tangan anda dengan virus.

Jika tangan anda kemudian menyentuh tangan orang lain atau memegang handel pintu, telepon, koran, dll, maka berarti anda juga telah menyebarkan virus pilek itu dan virus tersebut dapat bertahan pada benda-benda yang disentuh tadiselama beberapa jam. Orang sehat kemudian menyentuh benda-benda tadi dan jika jari mereka menyentuh hidung, maka dia pun dapat terkena pilek.

Berikut adalah beberapa tips cara untuk memutus rantai penularan pilek:

1. Jika anda pilek, tetaplah di rumah

Bekerja, sekolah atau melakukan kegiatan lain dapat meningkatkan risiko terkena pilek bagi semua orang di sekitar anda. Jika anda menderita pilek, tinggallah beristirahat di rumah selama satu atau dua hari, sampai anda sembuh benar.

2. Hindari bertemu penderita pilek

Berdekatan dengan orang yang sedang pilek dapat beresiko tertular virus pilek. Jika orang yang sedang sakit adalah keluarga, apalagi anak kecil, hal ini mungkin menjadi sulit. Tapi menjaga jarak dengan si sakit dapat mengurangi risiko.

3. Cuci tangan
Mencuci tangan dengan menggunakan sabun sesering mungkin, misalnya sebelum dan sesudah makan, atau setelah melakukan aktifitas apa saja, dapat mencegah menyebarnya virus pilek. Peneliti Universitas Purdue, Amerika di sebuah tempat penitipan anak menemukan bahwa anak-anak yang mencuci tangan lebih sering secara signifikan dapat menurunkan resiko terkena pilek.

4. Jauhkan jari dari hidung

Jika sedang pilek, menyentuh hidung berarti mencemari jari tangan dengan virus pilek. Jika kemudian jari tangan anda menyentuh benda lain, maka berarti anda menyebarkan virus pilek tadi.

5. Tutup mulut anda

Menutup mulut ketika batuk atau bersin, dapat membatasi jumlah partikel virus yang anda sebarkan ke udara.

6. Ganti saputangan dengan tissue

Virus pilek bisa bertahan beberapa jam di dalam sapu tangan, dan hal ini berarti virus tersebut akan mencemari jari tangan anda setiap kali anda menggunakan saputangan tersebut. Beralihlah menggunakan tissue sekali pakai untuk keperluan sehari-hari anda.

7. Gunakan desinfektan

Gunakan desinfektan untuk mematikan virus pada benda atau peralatan yang dipakai sehari-hari. Cara seperti ini efektif untuk mematikan virus sekitar 99,7 persen.

loading...