Kulit pada bagian lutut atau siku biasanya terlihat lebih gelap dari bagian lain, bahkan ada yang seperti kelihatan seperti bersisik dan kering. Hal ini karena lapisan kulit di area lutut atau siku lebih tebal dibandingkan area kulit lainnya, sehingga lebih banyak melanin atau pigmen kulitnya. Selain itu pada lutut atau siku jarang terjadi pengelupasan, sehingga terjadi penumpukan sel-sel kulit mati, sel-sel kulit mati inilah yang membuat kulit nampak lebih gelap.

Warna kulit pada lutut atau siku yang cenderung menghitam kerap kali menurunkan rasa percaya diri, terutama bagi perempuan. Mengunakan pelembab merupakan salah satu cara untuk mencerahkan dan melembukan kulit pada bagian lutut atau siku, selain menggunakan obat-oabatan atau bahkan bedah plastik.

Selain itu terdapat banyak cara alami untuk mencerahkan bagian kulit lutut atau siku yang cenderung menghitam, antara lain menggunakan kulit jeruk, kentang dan lain-lain.

Berikut adalah beberapa ramuan masker alami buatan sendiri untuk mencerahkan kulit lutut hitam anda:

1. Minyak mustard

Kandungan linoleat, erusat dan asam oleat dalam minyak mustard akan bekerja untuk mencerahkan dan mengurangi hitamnya lutut anda. Sebelum tidur, oleskan dan pijat-pijat minyak mustard pada lutut anda selama 15 menit. Biarkan semalam dan bilas dengan sabun di pagi harinya.

2. Baking soda & susu

Baking soda bisa mengelupaskan sel-sel kulit yang mati, sedangkan asam laktat dalam susu akan melembabkan kembali area tersebut. Caranya cukup mudah: ambil satu sendok teh baking soda, campurkan dengan susu hingga menjadi pasta kental. Oleskan ke lutut, setelah mengering lalu gosok dan bilas. Cobalaha resep pencerah kulit ini dua kali dalam seminggu.

3. Bawang & Jus lemon

Kandungan sulphur dan asam sitrat dalam ramuan masker ini membantu memecah penumpukan mati-kulit dan mencerahkan kulit. Kupas dan potonglah 1 siung bawang, gilinglah sampai menjadi pasta halus. Kemudian tambahkan satu sendok teh jus lemon dan gliserin ke campuran tersebut. Oleskan pada lutut, biarkan selama 15 menit. Kemudian, gosok dan bilas.

4. Petroleum jelly

Sebagai sebuah bahan perlindungan kulit, petroleum jelly dapat menghilangkan kulit bersisik dan menyehatkan area tersebut. Petroleum jelly adalah pelembab dari campuran antara mineral oil, paraffin, dan hidrokarbon yang dikemas menjadi satu dalam bentuk gel berwarna putih bening.

Pijat lutut dengan petroleum jelly setiap malam sebelum tidur. Pada pagi hari, anda akan melihat kulit menjadi tampak lembut dan cerah. Lakukan hal ini setiap malam, sampai anda melihat perbedaan yang terlihat dalam warna kulit.

5. Tepung gram & kunyit

Besan atau bubuk gram adalah sejenis tepung yang terbuat dari chickpea / kacang garbanzo / kacang Arab, dan umum dijumpai dalam kuliner-kuliner India. Kandungan vitamin dalam besan atau tepung gram dapat mengangkat kulit mati, sementara kunyit kunyit dapat mencerahkan noda-noda dan yoghurt akan melembabkan kulit.

Ambil satu sendok makan tepung gram, tambahkan kunyit dan yogurt secukupnya, aduklah semua bahan tersebut sampai menjadi pasta halus. Oleskan pada lutut, tunggu selama 30 menit, kemudian gosok dan bilas. Anda juga dapat menggunakan masker ini untuk melembutkan dan mencerahkan kulit pada bagian tubuh lain, misalnya untuk melembutkan kulit wajah. Tepung gram juga bisa dimanfaatkan sebagai masker anti jerawat.

6. Cuka

Asam asetat yang dikandung dalam cuka dapat bekerja sebagai 'kimia pembersih' untuk menghilangkan noda atau warna 'kehitaman' atau 'kecoklatan' pada kulit yang pada akhirnya akan membuat kulit menjadi cerah kembali. Teteskan cuka pada kapas, lalu oleskan pada lutut. Biarkan selama 20 menit dan kemudian bilas dengan air dingin.

7. Jeruk

Kandungan vitamin C dalam kulit jeruk dapat mencerahkan warna kulit anda. Jemur kulit jeruk di bawah sinar matahari sampai kering. Setelah kering, giling kulit jeruk menjadi bubuk halus. Ambil satu sendok teh bubuk kulit jeruk tersebut ke dalam mangkuk, tambahkan air bunga mawar secukupnya, aduk menjadi pasta halus. Oeskan pada lutut dan tunggu sampai mengering. Kemudian, gosok dan bilas.

8. Kentang

Kentang mengandung enzim catecholase yang merupakan zat pemutih alami yang dapat menghilangkan noda dan memutihkan kulit. Untuk mencerahkan lutut atau kilit anda yang menghitam, caranya cukup mudah, yaitu ambil 1 kentang rebus, tumbuk menjadi pasta halus. Tambahkan beberapa tetes lemon dan oleskan pada lutut, biarkan selama 20 - 30 menit, kemudian gosok dan bilas. Gunakan ramuan alami ini dua kali dalam seminggu.

9. Tomat

Beta-karoten yang dikandung dalam tomat dikenal dapat menghilangkan noda kehitaman dan mencerahkan kulit. Potong tomat menjadi irisan tipis, taburi gula ke atasnya dan gosokkan pada lutut atau siku. Lakukan hal ini selama 5 menit dan kemudian bilas dengan air biasa.

Dengan penggunaan rutin masker buatan sendiri ini untuk lutut gelap, anda akan melihat kulit menjadi tampak lebih cerah dalam beberapa minggu.

10. Anggur

Sama seperti kentang, buah anggur juga kaya akan zat pemutih yang secara alami dapat mencerahkan kulit. Ekstrak 1 sendok makan jus dari buah anggur matang, kemudian menggunakan bola kapas, oleskan pada daerah gelap dari kulit anda. Biarkan selama 20 menit dan kemudian bersihkan dengan handuk basah. Lanjutkan perawatan tersebut dengan pelembab ringan yang biasa anda gunakan.

11. Pepaya

Pepaya memilki kandungan zat yang bisa membantu mencerahkan kulit yang kusam, kandungan yang terdapat pepaya adalah enzim papain dan juga berbagai jenis vitamin, seperti vitamin C dan E. Caranya cukup mudah, yaitu dengan menggosokkan irisan potongan kecil dari buah pepaya ke bagian kulit lutut dan siku yang menghitam.

loading...