Kita semua telah mengetahui akan manfaat vitamin bagi tubuh. Mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin akan memberikan asupan nutrisi yang diperlukan tubuh, membuat kita sehat, meningkatkan sistem kekebalan tubuh n menangkal penyakit.

Kita juga mengetahui bahwa kulit memungkinkan untuk menyerap vitamin, sehingga memberikan manfaat yang sangat baik bagi kesehatan kulit.

Berikut adalah beberapa jenis vitamin yang dapat membantu dalam merawat kesehatan kulit anda:

1. Vitamin A

Vitamin A dan turunannya, seperti Retinol, yang digunakan untuk mengatasi kerusakan kulit akibat matahari dan untuk menghambat kerusakan kolagen dan elastin. Vitamin A dapat menghambat penuaan dini dan merangsang sintesis kolagen. Vitamin A juga sangat baik untuk mengatasi jerawat.

2. Vitamin B5

Vitamin B5, asam pantotenat, membantu dalam sintesis metabolisme lemak kulit dan protein. Hal ini juga membantu kulit untuk menyembuhkan diri. Varian Vitamin B lainnya juga menyehatkan kulit.

3. Vitamin C

Vitamin C dapat mencerahkan kulit, karena vitamin c dipercaya dapat menghambat produksi melanin. Vitamin C juga merangsang pembentukan kolagen. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memahami bagaimana fungsi vitamin c untuk memutihkan kulit.

4. Vitamin E

Vitamin E berperan dalam menyediakan lapisan pelindung bagi kulit. Vitamin E atau dikenal juga sebagai tokoferol, membantu dalam menyembuhkan luka pada kulit dan memelihara kulit.

5. Vitamin P

Vitamin P adalah sekelompok bioflavinoids. Bioflavinoids sebenarnya bukanlah jenis vitamin, tapi merupakan nutrisi gizi serupa dengan vitamin. Vitamin P atau bioflavinoid ini berfungsi menjaga ketahanan sel dan permeasi dinding kapiler. Buah seperti anggur, dan jeruk, berfungsi sebagai antioksidan yang berkemampuan menghilangkan radikal bebas yang dapat merusak sel-sel kulit. Mereka juga dapat berfungsi sebagai pelembab kulit.

Jadi, selain merawat kulit dengan cream dan lotion, juga penting untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin-vitamin seperti di atas.

loading...