Banyak cara dilakukan untuk mencegah terkena kanker payudara, misalnya dengan pemeriksaan dini untuk mengetahui kehadiran kanker secar dini sebelum berkembang agar lebih cepat melakukan pengobatan. Menurut studi, olahraga minimal 30 menit per hari dan makan banyak sayur dan buah dapat mengurangi resiko kanker payudara antara 40% - 60%. Olahraga mengurangi resiko meniggal karena kanker payudara pada wanita sekitar 50%, dan mengurangi resiko terkena kanker payudara sekitar 60%.

Selain olaharaga dan makan buah & sayuran, beberapa suplemen juga telah menunjukkan kemampuannya untuk mengurangi resiko terkena kanker payudara dan beberapa suplemen lain dapat membantu membuat pengobatan kanker lebih mudah dan lebih efektif.

Berikut adalah beberapa suplemen yang berkhasiat mengurangi resiko kanker payudara:

1. Melatonin

Hormon ini, disekresikan terutama pada malam hari, digunakan untuk membantu menginduksi tidur. Tetapi juga memperlambat pertumbuhan sel, meningkatkan kekebalan tubuh dan dapat efektif terhadap tumor. Dosis 3 mg sampai 20 mg mungkin diperlukan.

2. Ekstrak Teh Hijau

Bukti epidemiologis menunjukkan bahwa teh hijau dapat menjadi senjata ampuh melawan kanker payudara, khususnya pada kanker tahap awal. Jika anda mengkonsumsi lebih dari lima cangkir teh hijau sehari, resiko kekambuhan kanker payudara bisa turun menjadi 30 persen sampai 40 persen.

Teh hijau diduga bekerja melawan kanker melalui empat cara: Menghambat signal jalur perkembangan tumor, merangsang kematian sel kanker, menghambat enzim yang menggunakan sel-sel kanker untuk menyebar, dan itu mengubah metabolisme estrogen. Pastikan suplemen yang anda konsumsi mengandung kadar 80% polifenol, dimana 50%-nya merupakan EGCG.

3. Teh Lavender dan Chamomile

Untuk pasien dengan kecemasan atau sulit tidur, suplemen melatonin, lavender dan / atau teh chamomile dapat dirasakan manfaatnya. Lavender, yang mengandung ekstrak minyak esensial lavender disebut Silexan, sangat efektif dalam mengurangi kecemasan. Hanya satu kapsul 80 mg secara signifikan akan mengurangi kecemasan di sebagian besar orang yang memakainya.

Banyak komponen obat dari chamomile terkandung dalam minyak atsiri yang keluar di uap, jadi sangat penting untuk menutup cangkir teh setelah dituang air panas. Seduh dua kantong teh per cangkir, biarkan selama 10 - 15 menit dan jika ingin, bisa tambahkan madu secukupnya.

4. Kopi

Penelitian baru dari Universitas Lund di Swedia telah menemukan bahwa minum kopi dapat menurunkan risiko kanker payudara berulang pada pasien yang memakai tamoxifen. Subyek penelitian mengkonsumsi obat kanker yang juga minum dua atau lebih cangkir kopi sehari dilaporkan kurang dari setengah tingkat kekambuhan kanker dibandingkan dengan mereka menggunakan obat tamoxifen tanpa disertai minum kopi. Para peneliti berpendapat bahwa terdapat "sesuatu" dalam kopi yang mengaktifkan tamoxifen, sehingga lebih efektif.

loading...