Jika anda memiliki gula darah 100-125 md/dl, biasanya anda memiliki pre-diabetes. Gula darah seperti tadi memang lebih tinggi dari angka normal, tetapi tidak cukup untuk dapat didiagnosa sebagai diabetes.

Untuk memperlambat dan mencegah ke arah terjadinya diabetes, anda perlu menurunkan kadar gula darah tadi. Upaya-upaya ini termasuk menerapkan pola makan sehat (mengurangi asupan lemak dan memperbanyak asupan serat), melakukan aktifitas fisik minimal selama 30 menit perharinya, dan mengidealkan berat badan.

Menjaga kadar gula darah agar tetap stabil bagi sebagian orang adalah hal sulit. Cara yang paling mudah dan banyak dilakukan orang adalah dengan menggunakan obat-obatan.

Gaya Hidup Sehat

Gaya hidup sehat merupakan faktor penting dalam mengontrol kadar gula darah. Bagi sebagian orang hal ini cukup sulit dilakukan, kecuali jika sudah terjadi diabetes yang parah.

Diet. Mengkonsumsi makanan rendah karbohidrat dan tinggi serat merupakan cara yang paling umum dalam menurunkan kadar gula darah. Makanan jenis ini termasuk diantaranya susu kedelai, ikan haring, kacang kedelai, oatmeal, roti whole bread dan kacang-kacangan. Di samping itu, cobalah menambah asupan buah dan sayuran segar.

Olahraga. Cobalah tetap aktif dan berolahraga setiap hari. Jalan kaki dan bentuk olahraga ringan lainnya bisa membantu membakar gula di dalam tubuh. Jalan cepat, memotong rumput dan aktivitas rumah tangga lainnya merupakan pilihan olahraga yang tepat untuk mengatur kadar glukosa darah.

Turunkan berat badan. Berat badan normal akan membantu anda mengontrol kadar glukosa darah. Cobalah berkonsultasi dengan ahli nutrisi dan mengikuti anjuran diet dengan benar.

Bahan Alami Penurun Kadar Gula Darah

Ada banyak bahan alami berupa buah dan sayuran yang dipercaya orang dapat menurunkan atau mengontrol kadar gula darah. Berikut adalah beberapa buah dan sayuran yang dapat anda coba untuk mengontrol gula darah anda:

1. Pare (Momordica charantia)

Jika Anda mengalami diabetes tipe 2, Anda harus minum jus pare setiap hari. Mengonsumsi buah pahit ini dapat mengurangi kadar gula dalam darah.

Sebuah studi dari Jurnal Ethnopharmacology menyatakan bahwa baik pare segar maupun yang dikeringkan dalam jumlah 1.5 ons - 3 ons bisa membuat kadar gula darah turun sebanyak 48%, membuat toleransi glukosa membaik tanpa terjadi peningkatan insulin, serta memperbaiki kadar gula darah puasa pada diabetesi.

Dalam paria terdapat charantin yang merupakan suatu bahan primer dalam mengurangi regulasi gula darah. Charantin membuat suatu reaksi penurunan gula darah (hipoglikemik).

Memang ini sangat baik untuk para diabetesi akan tetapi hati - hati dalam menggunakannya jika kadar gula darah anda normal.

2. Fenugreek (Trigonella foenum-graecum)

Dibandingkan pare, rasa pahit fenugreek memang lebih rendah. Tetapi memiliki efek sama sebagai penurun kadar gula dalam darah. Anda bisa menambahkan daun atau biji fenugreek dalam masakan.

Bisa juga meminum air bekas rendamannya. "Dianjurkan merendam satu sendok teh biji fenugreek dalam segelas air selama semalam. Saring, lalu minum airnya pada pagi hari," kata dr Deepali Shastri, ahli pengobatan Ayurveda asal Mumbai.

3. Lidah Buaya (Aloe vera)

Gel tanaman yang populer dengan sebutan lidah buaya ini sudah lama diandalkan sebagai obat diabetes.

Para ahli pengobatan penyakit dalam telah meneliti manfaat tanaman yang satu ini. Lidah buaya mengandung leptin, yaitu suatu zat yang bisa menurunkan kadar gula darah manusia.

Berikut adalah caranya: campur setengah sendok teh daun salam yang telah dihancurkan, setengah sendok teh kunyit bubuk dan satu sendok teh aloe vera. Aduk campuran itu hingga rata dan konsumsi saat makan siang dan makan malam untuk membantu mengontrol gula darah.

4. Daun basil

Ambil segenggam daun basil, lalu hancurkan. Campur daun yang telah dihancurkan dengan segelas air. Saring, lalu minum pada pagi hari," kata dr Deepali.

5. Daun mangga

Daun mangga juga bermanfaat untuk mengontrol kadar gula dalam darah. Siapkan tiga hingga empat lembar daun mangga yang sudah dibersihkan. Diamkan selama satu malam dalam rendaman air, dan minum esok harinya.

loading...