Mengonsumsi makanan manis berlebih tak hanya menyebabkan proses penuaan lebih cepat, tetapi juga memicu terjadinya diabetes. Tapi ada lagi hal yang perlu Anda waspadai, berada dil ingkungan dengan tingkat polusi udara yang tinggi juga bisa memicu terjadinya peningkatan risiko diabetes.

Seperti dikutip dari laman Glamour.com, para peneliti di Harvard Medical School memperingatkan dalam sebuah studi baru bahwa mereka yang tinggal di daerah tercemar bisa mengalami peningkatan risiko diabetes. Mereka mengatakan bahwa kota-kota besar pada umumnya dilaporkan memiliki kualitas udara di bawah batas aman yang ditetapkan oleh Environmental Protection Agency.

Bahkan prevalensi diabetes bagi mereka yang tinggal di lingkungan dengan udara tercemar lebih dari 20 persen lebih tinggi dibandingkan orang yang menghirup udara yang lebih bersih.

"Kita tahu paparan polusi udara adalah faktor risiko penyakit kardiovaskuler," kata John Brownstein, PhD, dari Children's Hospital Boston dan Harvard Medical School. "Ini hanyalah satu bagian dari bukti bahwa dampak polusi sangat berpengaruh bagi kesehatan."

John menyarankan pindah lokasi tempat tinggal adalah cara yang terbaik. Namun seringkali pindah rumah menjadi pilihan yang merepotkan. Namun beberapa hal sederhana bisa Anda lakukan untuk meminimalisasi polusi di rumah Anda. Semua ini dapat Anda lakukan untuk memastikan udara di rumah Anda atau apartemen tetap bersih:

1. Hindari penggunaan penyegar udara

Hindari penyegar udara sarat kimia. Tentu, penyemprot ruangan membuat tempat Anda berbau harum, tapi mereka juga mengotori tempat Anda. Sebaliknya, coba gunakan penyegar udara alami. Bisa gunakan wewangian rumah bebas kimia yang terbuat dari minyak esensial.

2. Hiasi dengan tanaman hias

Jika mungkin, tempatkan tanaman di setiap kamar. Tanaman hias sebagai penyaring udara alami yang bisa menyegarkan ruangan serta penghisap debu alami. Dan sejumlah ahli kesehatan menyatakan bahwa kualitas udara dalam ruangan bisa jauh lebih baik dengan menjaga tanaman di sekitar rumah

3. Hindari penggunaan lilin

Menggunakan lilin atau berada di depan perapian cerobong asap mungkin membuat suasana lebih romantis. Tapi kompor pembakaran kayu dan juga sering menggunakan lilin dapat membuat polusi di rumah Anda dan tidak baik untuk kesehatan.

Vivanews

loading...