Tokoh kartun Popeye yang memiliki kekuatan ekstra setelah mengkonsumsi bayam menunjukkan kepada anak-anak bahwa bayam memang berkhasiat bagi tubuh manusia. Khasiat lain bayam ternyata bisa menurunkan risiko terkena diabetes.

Para peneliti dari Australia dan China baru-baru ini menyimpulkan bahwa kandungan folic acid yang ada di bayam mampu melindungi otot jantung dari meningkatnya kadar glukosa yang menyebabkan penyakit diabetes.

Folic acid atau folate adalah zat yang mudah larut dan mengandung vitamin B9. Vitamin ini biasanya menjadi suplemen bagi perempuan yang mengandung untuk melindungi bayi dari cacat pada bagian syaraf. Tim peneliti dari Australia dan China melakukan eksperimen terhadap tikus yang terkena diabetes, dan menemukan bahwa unsur folic acid mampu mengurangi risiko serangan jantung dari tikus tersebut.

“Hasil penemuan ini merupakan penemuan yang menggembirakan, karena sudah lama kita belum berhasil menemukan bagaimana cara memperkecil risiko terkena diabetes yang bisa menyebabkan kematian,” ujar Ketua Tim Peneliti Universitas Charles Sturt Lexin Wang.

Diabetes adalah penyebab kematian paling tinggi di dunia

Lexin Wang menambahkan bahwa penelitian lebih lanjut harus terus dilakukan terutama terhadap manusia untuk mengurangi risiko kematian.

Hasil studi ini dipublikasikan pada jurnal kesehatan internasional Cardiovascular Drugs and Therapy.

 

Khasiat bayam lainnya

Selain potensi khasiat untuk menurunkan diabetes seperti di atas, bayam pun dipercaya memiliki banyak manfaat lainnya bagi kesehatan tubuh. Hal ini tidaklah mengherankan, kare kandungan bayam yang kaya akan vitamin A, C, E, K dan zat besi, kalsium, potasium, magnesium, mangan, seng, serta sejumlah mineral lainnya. Berikut adalah khasiat lainnya:

Menjadikan tulang yang lebih kuat

Makan bayam dapat menghindari kita dari ancaman osteoporosis. Jadi, tak perlu kita terlalu tergantung pada makanan suplemen yang mungkin terlalu mahal. Dengan sumber vitamin K yang terbaik dari bayam, ia cukup membantu penyerapan kalsium oleh tulang dengan maksimal.

Membangun pembuluh darah yang lebih baik

Bayam kaya dengan zat besi. Zat besi penting dalam membangun sel darah merah (yang bertugas membawa oksigen ke seluruh tubuh). Jadi, kalau kurang zat besi, badan bisa terasa sangat lemah, mudah mengantuk, mudah hilang tenaga, dan akhirnya bisa mendapat anemia.

Jantung yang lebih sehat

Bayam kaya dengan sumber antioksidan. Maka, sudah tentu bagus untuk mencegah terkumpulnya plak kolesterol pada saluran arteri (kalau tersumbat di saluran arteri jantung, maka resiko untuk terkena sakit jantung amat tinggi). Selain itu bayam juga bagus dalam mengontrol tekanan darah.

Mencegah kanker

Adanya kandungan flavonoid dalam bayam mampu mencegah infeksi pada tubuh. Maka, risiko untuk mendapat kanker kolon, ovarium, paru-paru dan kanker prostat akan berkurang.

Bagus untuk ibu hamil

Ada 2 zat yang penting untuk ibu hamil. Vitamin A untuk pembentukan paru-paru dan folat untuk pembentukan sistem saraf yang lengkap. Dua zat ini terdapat dalam bayam. Insya Allah, mudah-mudahan dapat mencegah bayi lahir cacat seperti bibir sumbing.

Mata lebih sehat

Rajin memakan bayam dapat membuat mata lebih sehat. Lutein yang terdapat dalam bayam juga mampu melindungi mata dari proses penuaan yang ikut berubah seiring usia.

loading...