Diabetes merupakan salah satu jenis penyakit yang dialami banyak orang, faktor utama penyebab diabetes biasanya pola makan dan gaya hidup yang tidak sehat. Untuk mencegah dan mengobati penyakit ini dapat dilakukan dengan mengkonsumsi makanan sehat dan juga sambil melakukan aktivitas olahraga secara rutin setiap hari.

Dibandingkan dengan kondisi kesehatan lain yang dapat disembuhkan atau yang mengurangi keparahan dengan pengobatan yang tepat, diabetes mellitus adalah suatu kondisi yang tidak pernah akan sembuh. Oleh karena itu, adalah penting untuk melakukan hal-hal tertentu sehingga anda dapat terhindar dari diabetes.

Diabetes adalah penyakit yang mematikan dan dapat menyebabkan sejumlah kondisi yang fatal, antara lain masalah dalam penglihatan, penyakit jantung dan mempengaruhi organ-organ tubuh lainnya.

Berikut adalah beberapacara yang dapat anda lakukan agar terhindar dari diabetes:

1. Menjaga berat badan

Jagalah berat badan anda untuk tetap atau berada di bawah normal. Untuk menjaga hal ini, lakukan olahraga secara teratur, yang akan membantu dalam membakar kalori dan membuat anda tetap sehat.

Selain itu, hindarilah makan dalam porsi besar dan minumlah segelas air setengah jam sebelu makan.

2. Jaga tubuh tetap terhidrasi

Kadang tubuh tidak bisa membedakan antara lapar atau menjadi haus, sehingga sangat penting untuk tetap terhidrasi dengan air ketimbang mendahulukan asupan makanan.

Hidrasi atau kecukupan air dalam tubuh juga sangat berpengaruh terhadap kesehatan, kebugaran, serta kinerja seseorang.

3. Perbanyak makan sayuran

Perbanyaklah porsi sayuran dalam menu makan anda, hal ini akan memberikan rasa kenyang yang lebih lama, sehingga dapat mengurangi keinginan untuk terus makan atau ngemil.

Selain itu, sayuran hijau juga mampu mengontrol kadar gula dalam darah dan menurunkan resiko terkena diabetes tipe 2. Jenis sayuran yang dapat dikonsumsi antara lain brokoli, bayam, kubis, sawi, dan juga salada.

4. Jangan makan sambil nonton TV

Menonton televisi sambil makan dapat membuat waktu makan anda lebih lama dan porsi yang dihabiskan juga akan lebih banyak. Membatasi asupan makanan dapat membantu menjaga gula darah tetap aman dan mengurangi jumlah kalori yang anda konsumsi.

5. Tambahkan kayu manis ke dalam makanan

Menambahkan kayu manis ke dalam menu makanan anda menjaga kadar gula darah anda tetap stabil. Menurut penelitian, kayu manis dapat meningkatkan metabolisme glukosa, tetapi hal ini tidak akan menyembuhkan penyakit gula anda, kayu manis hanya dapat menurunkan kadar gula dalam darah.

6. Hindari stres

Stres bisa menjadi salah satu pemicu penyakit-penyakit degeneratif salah satunya adalah diabetes atau kencing manis. Jika seseorang mengalami stress, biasanya akan mengalami penumpukan lemak di perut, sering sakit, tekanan darah yang tinggi, terjadi peningkatan kadar glukosa dan bisa memicu resistensi insulin.

Agar terhindar dari diabetes, jauhkan diri anda dari stres. Stres telah diketahui merupakan salah satu kontributor utama terjadinya  diabetes. Salah satu cara agar terbebas dari stress adalah melakukan meditasi dan latihan pernapasan.

7. Cukup tidur

Orang yang seringkali tidurnya tidak teratur sangat rentan untuk menderita diabetes. Para peneliti telah menunjukkan bahwa kurang tidur mengganggu metabolisme glukosa, proses dimana tubuh mengatur gula darah dan memproses gula menjadi energi. Gangguan ini mencakup penurunan sensitivitas insulin dan toleransi terhadap glukosa—keduanya berkontribusi menyebabkan peningkatan kadar gula darah yang tidak sehat dan memicu diabetes.

loading...