Diabetes, merupakan suatu hal yang sangat menakutkan bagi orang yang memasuki masa lansia, terlebih bagi yang memiliki faktor keturunan terkena diabetes. Saat ini gaya hidup merupakan faktor yang lebih banyak berperan dalam perkembangan diabetes. Jadi mulailah dari sekarang anda menjalankan gaya hidup sehat, yang terdengar sangat simpel yaitu olahraga dan makan makanan sehat.

Diabetes, atau yang juga dikenal sebagai diabetes mellitus, diklasifikasikan sebagai kelompok gangguan metabolisme di mana kadar glukosa darah atau gula darah orang yang terkena lebih tinggi dari angka normal. Tingkat gula darah pada orang diabetes dapat meningkat ketika insulin yang diproduksi dalam tubuh sangat rendah atau karena sel-sel tubuh tidak merespon dengan baik terhadap insulin yang diproduksi.

Beberapa gejala umum dari diabetes antara lain sering buang air kecil, rasa lapar yang berlebihan, sering kelelahan, penurunan atau kelebihan berat badan, lambat dalam penyembuhan luka, mual, sakit kepala, dll. Meskipun tidak ada obat untuk diabetes, gejala-gejalanya dapat dikendalikan dengan obat-obatan dan perubahan gaya hidup.

Berikut adalah beberapa gejala diabetes yang mungkin tidak sering kita ketahui:

1. Kondisi kulit yang memburuk

Kelainan insulin dalam darah diketahui dapat menyebabkan bintik hitam, noda dan keriput pada kulit. Jadi jika anda menjumpai perubahan warna dari kulit normal, cobalah untuk memeriksakan juga terhadap kemungkinan adanya diabetes.

2. Menurunnya kemampuan pendengaran

Sebuah studi penelitian telah menunjukkan bahwa diabetes dapat mempengaruhi pembuluh darah dan saraf pendengaran, sehingga dapat mempengaruhi kemampuan pendengaran.

3. Penglihatan mendadak meningkat

Kadang-kadang, kadar gula darah tinggi dapat membuat perubahan sementara di tingkat cairan tubuh, termasuk cairan di mata, sehingga tampak solah-olah bahwa penglihatan anda meningkat secara tiba-tiba!

4. Rasa gatal terus-menerus

Beberapa orang dengan diabetes cenderung mengalami gatal di seluruh tubuh mereka, terutama pada tangan dan kaki mereka, seperti halnya diabetes dapat menyebabkan sirkulasi darah yang buruk dan membuat kulit kering!

5. Kesemutan

Jika anda mengalami kesemutan atau mati rasa di bagian-bagian tertentu dari tubuh anda, sekaranglah saatnya untuk melakukan pemeriksaan kemungkinan adanya diabetes.

6. Rentan terhadap infeksi

Orang dengan tahap awal diabetes cenderung lebih rentan terhadap infeksi bakteri dan virus dan dengan demikian memiliki sistem kekebalan tubuh lemah dan lebih rentan terhadap penyakit.

7. Bau mulut

Jika anda merasa bahwa anda memiliki bau mulut, meskipun anda telah menjaga kebersihan mulut, hal itu bisa berarti bahwa anda memiliki kadar glukosa darah yang meningkat. Saatnya untuk melakukan pemeriksaan terhadap kemungkinan adanya diabetes.

loading...