Gigi pertamamu atau gigi susu mulai tumbuh pada umur 7 bulan, dan akan lengkap berjumlah 20 buah pada umur 2 tahun.

Gigi tetap pertama tumbuh umur 6 tahun (gigi seri depan & gigi geraham, belakang gigi susumu) saat kamu kelas I SD, kan? Gigi susu umur 6 sampai 12 tahun berguna untuk menuntun tumbuhnya gigi tetap sebelum gigi susu tanggal. Kira-kira umur 14 tahun gigi tetapmu lengkap berjumlah 32 buah (8 gigi seri, 4 taring, 8 geraham kecil, 12 geraham besar), kadang-kadang geraham ketiga belakang tumbuh sampai umurmu 21 tahun.

Saat gigi campuran ini kita harus berhati-hati sebab mungkin orang tuamu tidak tahu gigi-gigi yang baru itu tidak akan diganti lagi, kadang gigi tetap sudah tumbuh, gigi susu belum lepas, atau ada yang berlubang kalau terjadi begitu segera ke puskesmas atau ke dokter gigi.

Berikut adalah beberapa masalah yang sering terjadi pada gigi:

1. Debris

Kalo kamu sering makan makanan manis dan lengket seperti gulali, cokelat, dodol, permen dll dan tidak segera gosok gigi, sisa makanan yang menempel pada permukaan gigi itu akan jadi debris yang bikin gigimu berlubang dan radang gusi.

2. Plak pada gigi

Apa sih plak gigi itu? Itu lho, lapisan tipis pada permukaan gigi yang tidak berwarna, melekat pada permukaan gigi, yang terdiri dari sisa-sisa makanan yang halus dan kuman-kuman. Plak bisa bikin gigi berlubang, radang gusi, dan bau mulut

3. Gigi berlubang (karies gigi)

Kenapa gigi berlubang? Karena ada kerusakan pada lapisan luar gigi (email) yang disebabkan kuman dan sisa makanan menempel lama. Kalo gigimu berlubang, kamu jadi sulit bicara dan mengunyah, bahkan kalo nggak segera diobati nich, gigimu bisa keropos dan hilang.

4. Radang gusi (penyakit penyangga gigi)

Radang gusi itu, terjadi kalo kamu kurang menjaga kebersihan gigi sehingga gusimu jadi merah meradang dan bengkak, akibatnya kamu sulit bicara dan mengunyah. Kalo dibiarkan, makin bengkak dan nyeri.

5. Karang gigi

Tau nggak, kalo plak dibiarkan terlalu lama, akan mengeras dan menempel di permukaan gigi seperti batu karang. Karang gigi itu bisa bikin gigi berlubang, radang gusi, dan bau mulut.

Pesan utama:

  • Sikat gigi teratur dan benar (minimal 2 kali sehari, pagi sesudah makan dan malam sebelum tidur) dengan diberi pasta gigi yang mengandung fluoride.
  • Hindari makanan yang manis yang lengket, terlalu panas / dingin.
  • Banyak makan buah-buahan yang berserat.

 

#depkes

loading...